Relawan Jurnal Indonesia Provinsi Sulawesi Barat (RJI Sul-bar) bekerjasama dengan Universitas Al Asyariah Mandar menggelar acara Workshop Standarisasi dan Indeksasi e-Jurnal menuju Akreditasi Nasional, serta Klinik Manuskrip Persiapan Submit pada Jurnal Internasional Bereputasi di gedung MK UNASMAN (Universitas Al Asyariah Mandar), Polewali, Ahad 24 Desember 2017 lalu.  Salah satu wujud action pengurus daerah RJI Sul-bar untuk membantu pengelola jurnal mewujudkan pengelolaan jurnal secara elektronik yang berkualitas dan bereputasi di kancah nasional adalah dengan melaksanakan berbagai kegiatan pendampingan termasuk workshop tersebut.  Workshop tersebut dihadiri oleh 28 peserta dari beberapa PTN maupun PTS yang ada di Provinsi Sulawesi Barat dan Sulawesi Selatan.

Workshop dibuka secara resmi oleh Prof. Dr. Sukaji., MS selaku Wakil Rektor I UNASMAN (Universitas Al Asyariah Mandar). “Dalam sambutannya Prof. Sukaji mengatakan bahwa kegiatan yang dilaksanakan oleh pengurus daerah RJI Sul-bar kerja sama dengan pihak LPPM-UNASMAN  merupakan suatu bentuk kegiatan yang sangat diapresiasi mengingat tugas dosen bukan hanya mengajar namun juga harus melakukan penelitian dan harus dipublikasikan”, ucapnya. Turut hadir dalam kegiatan, Rektor UNASMAN Dr. Hj. Chuduriah Sahabuddin, M.Si mengaku sangat mendukung kegiatan yang digelar oleh RJI Sul-bar kerja sama dengan pihak LPPM-UNASMAN. “Saya selaku Rektor, sangat mendukung penuh kegiatan ini dan akan terus membangun komunikasi dengan pihak RJI Sul-bar untuk terus mengadakan pendampingan nantinya.

Ketua Relawan Jurnal Indonesia (RJI) Sul-bar Muhammad Aswad, M.Pd (Dosen Pendidikan Bahasa Inggris dan Editor in Chief EDUVELOP, Journal of English Education and Development Universitas Sulawesi Barat) saat dihubungi via Whatsapp mengungkapkan “RJI berkomitmen untuk terus melakukan pendampingan jurnal, sehingga apa yang kita cita-citakan bersama dapat terwujud, yaitu jurnal kita dapat terakreditasi nasional, minimal akreditasi B”. RJI Sul-bar menghadirkan Muhammad Arsyad, Ph.D. (Associate Editor, International Journal of Agriculture System, IJAS) yang baru-baru ini terakreditasi Nasional B oleh Kemenristekdikti, sebagai pemateri pada Workshop tersebut. Tak hanya materi namun praktik langsung dilakukan oleh peserta dipandu oleh pemateri.

Akhir acara dilakukan penandatanganan MoU antara pihak LPPM-UNASMAN dibawah pimpinan Basri, S.Kom, MT yang juga selaku Associate Editor DOAJ Indonesia dengan RJI Sul-bar di bidang pengembangan penelitian dan tata kelola Jurnal berbasis OJS (Open Journal System).

RJI Sulawesi Barat – UNASMAN menggelar Workshop Standarisasi dan Indeksasi e-Jurnal menuju Akreditasi Nasional

Post navigation