Workshop Penulisan Artikel Ilmiah di Pacitan

Pada hari Ahad, 30 Oktober jurnal At TAJDID STIT Muhammadiyah Pacitan menyelenggarakan workshop ” Penulisan Artikel Ilmiah dan Pengelolaan Jurnal Menggunakan Opern Jurnal System (OJS)”. Narasumber pertama Prof. Dr. Tobroni, M.SI, guru besar UMM dan sekaligus Penyunting ahli jurnal At-Tajdid. Dalam paparannya beliau menyampaikan “Teknik Penulisan Jurnal”. Dalam makalah ini beliau menulis hal- hal penting dalma kegiatan penelitian dan publikasi (UNSUR B) (PAK Dikti 2014). Juga definisi jurnal ilmiah, keharusan menulis jurnal,  kewajiban jenis publikasi (V) untuk mendudiki jenjang akademik (S: Disarankan; W: wajib) (Dikti 2014). Artikel untuk jurnal internasional, yang perlu diperhatikan: permaslahan sebagai isue internasional, berstandart internasional, dan memiliki universal ilmu.

Hal- hal lain yang dibahas dalqm makalah Prof. Dr. Tobroni, M.SI adalah budaya menulis ilmiah, praktik menulis artikel ilmiah, sifat artikel, sistematika artikel hasil penelitian. Yang menarik beliau juga menyampaikan dalam makalahnya tentang dosa seorang ilmuwan, yang antara lain: fabrikasi data, falsifikasi data, dan plagiarisme. Di akhir makalahnya beliau menulis tentang pelanggaran etika akademik.

Selesai memaparkan makalah moderator bapak Ahmadi, M.PdI membuka season atau termin tanya jawab. Pada termin pertama banyak peserta yang mengajukan pertanyaan. Antara lain pak . Aminudin guru PAI SMK 3 Pacitan yang bertanya tentang abstrak. Penanya lain dari pak Novansyah Ibrahim, M.Pd. dari Unida Ponorogo, yang bertanya tentang Bagaimana menemukan masalah dan menuangkan gagasan dalam artikel lmiah. Peserta dari MTs Muhammadiyah Wonogiri, ibu Hariyanti juga menanyakan kapada narasumber tentang bagaimana penulis tidak sebagai editor dan referenai dari googling. Pada termin pertama ditutup penanya dari ibu Vivi Venty, dosen muda STIT Muhammadiyah Pacitan. Semua pertanyaan peserta workahop dijawab oleh narasumber dengan ilmu implementatif dalam dunia tulis menulis di jurnal ilmiah.

Di season kedua diadakan klinik artikel yang dipandu Prof. Dr. Tobroni, M.Si dengan moderator Bpk. Ahmadi M.PdI. Prof. Tobroni selaku pemateri memaparkan contoh-contoh artikel ilmiah yang sudah terpublished di jurnal internasional. Dalam season klinik artikel ini, beliau juga mengoreksi (memberikan masukan) penulisan jurnal para peserta workshop mulai dari struktur sampai pada pengemasan isi artikel.

Tepat pukul 15.00 WIB, season 3 dimulai. Pada season ketiga diisi oleh nara sumber Bpk. Andri Putra Kesmawan, S.IP., MGAA, Assistent manager jurnal JKAP UGM dan sebagai koordinator Relawan Jurnal Indonesia, dengan dipandu oleh Ibu Mazroatus Saadah, M.Ag selaku moderator. Dalam paparannya beliau menyampaikan tentang “Tata Kelola Jurnal Menggunakan Open Jurnal System”. Pada paparannya ini beliau menulis hal-hal yang penting dan perlu dipahami dalam pengelolaan jurnal. Juga definisi dan perbedaan antara elektronik jurnal dan online jurnal. Bagian dan tahapn-tahapan pengelolaan jurnal beliau paparkan dengan rinci dan jelas.

111

Hal-hal lain yang dipaparkan Bpk. Andri Putra Kesmawan, S.IP., MGAA selaku pemateri yakni tentang tata prosedur pengurusan E-ISSN, tahapan penerbitan Open Jurnal System (OJS), dan tata cara pengindeksasian jurnal agar terhindar dari pengindeks yang abal-abal. Pada season ini beliau juga memberikan tutorial kepada para peserta workshop untuk bisa menjadi member dalam situs jurnal online dalam rangka mensubmit artikel.

Memasuki season terakhir, Bpk. Andri Putra Kesmawan, S.IP., MGAA memaparkan tentang “Strategi Menghadapi Akreditasi Jurnal Online”. Dalam makalahnya beliau menuliskan tentang urutan dalam menyiapkan portal E-Journal, Dasar akreditasi jurnal secara online, syarat akreditasi online, dan juga tahapan dalam pengajuan akreditasi. Hal yang tidak kalah penting dibahas dalam season ini adalah beberapa kekurangan yang perlu dibenahi pada jurnal At-Tajdid Jurnal Ilmu Tarbiyah STIT Muhammadiyah Pacitan untuk menuju akreditasi. Mulai dari desain tampilan OJS, mutu penyuntingan, dan juga pencetakan jurnal yang dinilai kurang konsisten.

Diakhir acara Workshop Penulisan Artikel Ilmiah dan Pengelolaan Jurnal menggunakan OJS ditutup oleh Bpk. Drs. H. Akhmad Munib, M.Si selaku Ketua STIT Muhammadiyah Pacitan. Dalam paparanya beliau berharap pelaksanaan workshop ini bisa menjadi motivasi bagi para penulis dan pengelola jurnal.

Kontributor : Efi

Comments are closed.