Semarang –  Sabtu (4/02/2017), Pengelola Jurnal dari berbagai Perguruan Tinggi di Jawa Tengah berkumpul untuk pertama kalinya di Hotel Grasia Semarang. Acara yang diinisiasi oleh Yoris Adi Maretta dari Pengembang Jurnal Universitas Negeri Semarang.

Pengelola Jurnal dari berbagai Perguruan Tinggi di Jawa Tengah berkumpul untuk pertama kalinya di Hotel Grasia Semarang. Acara yang diinisiasi oleh Universitas Negeri Semarang bersama Relawan Jurnal Indonesia (RJI) Wilayah Jawa Tengah mengambil tema “Workshop Pendaftaran DOAJ, DOI dan Arjuna”.

Peserta Pelatihan sangat antusias mengikuti acara ini, tercatat tidak kurang dari 126 orang yang terdiri dari Dosen dan Penggiat Jurnal dari perguruan tinggi di Jateng seperti, UNNES, UNDIP, UNIKA, USM, UIN Walisongo, UKSW, UNDARIS, STIT MADINA SRAGEN, UPGRIS, Akademi Keperawatan Serulingmas Cilacap, POLINES, UNTAR, IAIN Salatiga, IAIN PEKALONGAN, UDINUS, UNSOED, UNISSULA, UMK Kudus, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Universitas Pancasakti Tegal, STAIN Kudus, Balitbang Kemenag Semarang, Universitas Hasanuddin, STMIK Amikom Purwokerto, STAB Syailendra Semarang, Yayasan Bina Darma Salatiga, Politeknik Harapan Bersama Tegal,  hadir dalam kegiatan ini.

Dalam Sambutannya, Yoris selaku Devisi Akreditasi Indeksasi Pengembang Jurnal Universitas Negeri Semarang dan RJI Jateng mengatakan bahwa Open Journal System (OJS), DOI, DOAJ & Arjuna sudah menjadi tren terbaru dalam publikasi ilmiah, dan RJI menjadi wadah bagi siapa saja yang membutuhkan pendampingan dalam hal pengelolaan jurnal seperti OJS.

“Di Era Digital seperti saat ini, publikasi ilmiah pun menjadi hal yang mutlak untuk digitalisasi. Maka RJI hadir untuk memberikan pendampingan, bantuan, dalam hal ini” ujarnya penuh semangat.

Yoris menambahkan bahwa kegiatan workshop seperti ini akan ada lanjutan kegiatan kembali, bahkan apabila ada dari Pihak Perguruan Tinggi yang menginginkan pendampingan jurnal maka Pengembang Jurnal Universitas Negeri Semarang dan Tim Ahli dari RJI siap melakukan pendampingan tata kelola jurnal elektronik.

Acara ini dibuka langsung oleh Yoris Adi Maretta selaku Pengembang Jurnal Universitas Negeri Semarang membarikan apresiasi yang sangat besar bagi RJI.

“Pada Era paperless saat ini, OJS sangat dibutuhkan bagi para peneliti, dosen, bahkan guru sekalipun. Maka dengan ada kegiatan ini diharapkan muncul para ahli OJS di setiap kampus, khusunya di Sumsel dan semakin meningkatkan publikasi dan promosi bagi lembaga” ujar beliau.

Terakhir beliau berpesan kepada para peserta agar mengikuti secara antusias dan menyerap ilmu sebanyak- banyaknya dari pelatihan ini. (Yoris)

Berikut materi yang bisa didownload:
  1. Pendaftaran DOAJ silahkan didownload DISINI
  2. Cara mendaftar DOI Crossref, silahkan didownload DISINI
  3. MOU DOI, silahkan didownload DISINI , kemudian diemail ke scollins@crossref.org
  4. Pendaftaran Arjuna, silahkan didownload DISINI
  5. Pendaftaran Hibah Jurnal Tahun 2017 (Paling Lambat 28 Februari 2017 Jam 16.00), silahkan didownload DISINI
Universitas Negeri Semarang Fasilitasi Temu Pengelola Jurnal Se-Jawa Tengah

Post navigation