Palembang –  (UIN) Sabtu (21/01/2017), Pengelola Jurnal dari berbagai Perguruan Tinggi di Sumatera Selatan berkumpul untuk pertama kalinya di Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang. Acara yang diinisiasi oleh UIN Raden Fatah Palembang.

Pengelola Jurnal dari berbagai Perguruan Tinggi di Sumatera Selatan berkumpul untuk pertama kalinya di Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang. Acara yang diinisiasi oleh UIN Raden Fatah Palembang bersama Relawan Jurnal Indonesia (RJI) Wilayah Sumatera Selatan mengambil tema “Workshop Tata Kelola Jurnal Elektronik”.

Peserta Pelatihan sangat antusias mengikuti acara ini, tercatat tidak kurang dari 50 orang yang terdiri dari Dosen dan Penggiat Jurnal dari perguruan tinggi di Sumsel seperti, UIN Raden Fatah Palembang; Univ. Muhammadiyah Palembang; Univ. PGRI Palembang; Univ. Taman Siswa Palembang; STIKES Bina Husada Palembang; STMIK PalComTech Palembang; STIE Rahmaniyah Sekayu, Muba; STIE Prabumulih; dan STKIP Nurul Huda Oku Timur hadir dalam kegiatan ini.

Dalam Sambutannya, Padjrin selaku Anggota Divisi Mutu Publikasi Rumah Jurnal dan RJI Sumsel mengatakan bahwa Open Journal System (OJS) sudah menjadi tren terbaru dalam publikasi ilmiah, dan RJI menjadi wadah bagi siapa saja yang membutuhkan pendampingan dalam hal pengelolaan jurnal seperti OJS.

“Di Era Digital seperti saat ini, publikasi ilmiah pun menjadi hal yang mutlak untuk digitalisasi. Maka RJI hadir untuk memberikan pendampingan, bantuan, dalam hal ini” ujarnya penuh semangat.

Padjrin menambahkan bahwa kegiatan workshop seperti ini akan ada lanjutan kegiatan kembali, bahkan apabila ada dari Pihak Perguruan Tinggi yang menginginkan pendampingan jurnal maka Rumah Jurnal UIN Raden Fatah Palembang dan Tim Ahli dari RJI siap melakukan pendampingan tata kelola jurnal elektronik.

Acara ini dibuka langsung oleh Dr. M. Rusydi, M.Ag selaku Ketua Rumah Jurnal UIN Raden Fatah Palembang membarikan apresiasi yang sangat besar bagi RJI.

“Pada Era paperless saat ini, OJS sangat dibutuhkan bagi para peneliti, dosen, bahkan guru sekalipun. Maka dengan ada kegiatan ini diharapkan muncul para ahli OJS di setiap kampus, khusunya di Sumsel dan semakin meningkatkan publikasi dan promosi bagi lembaga” ujar beliau.

Terakhir beliau berpesan kepada para peserta agar mengikuti secara antusias dan menyerap ilmu sebanyak- banyaknya dari pelatihan ini. (Ibnu)

Sumber : UIN Raden Fatah Palembang

UIN Raden Fatah Fasilitasi Temu Pengelola Jurnal Se-Sumatera Selatan

Post navigation