Mengelola jurnal secara elektronik saat ini sudah menjadi tuntutan bagi kita sebagai pengelola jurnal. Ini merupakan tantangan tersendiri. Mengapa demikian, betapa tidak, jurnal yang beberapa tahun yang lalu selalu dikelola secara konvensional (cetak) kini beralih menjadi dikelola secara online/ elektronik menggunakan salah satu platform yakni Open Journal System (OJS).

Melihat perubahan paradigma tersebut, maka Relawan Jurnal Indonesia mengadakan Training of Trainer (ToT) Tata Kelola Jurnal Elektronik yang akan diselenggarakan di Yogyakarta, Hari/ tanggal: Selasa-Rabu/ 18-19 Juli 2017. Tempat direncanakan di Daerah Istimewa Yogyakarta 55281. Peserta yang mengikuti acara ini adalah koordinator daerah aktif di RJI ditandai dengan SK koordinator daerah yang di tandatangani oleh Ketua Koordinator Pusat RJI dan atau koordinator daerah yang di tunjuk oleh Ketua Koordinator daerah RJI.

Output  dari kegiatan ini yakni, para peserta diharapkan persepsinya sama terkait tata kelola jurnal elektronik yang baik dan benar sesuai dengan standar yang berlaku.  Menambah pengetahuan tentang detail platform Open Journal System. Dengan demikian, materi-materi yang akan disampaikanpun sangat komprehensif mulai dari bagaimana membuat penamaan jurnal, fokus dan ruang lingkup jurnal, tatakelola jurnal elektronik menggunakan platform, manajemen penerbitan jurnal, penggunaan akun akademik, penggunaan mesin plagiarisme, indeksasi jurnal, serta penulisan artikel ilmiah sesai dengan standar jurnal internasional. Di akhir sesi, para peserta wajib mengisi Post Test untuk melihat grade per masing-masing peserta. Dilanjutkan dengan melakukan perjalanan ke Kantor Pusat Relawan Jurnal Indonesia, Yogyakarta serta penandatanganan Pakta Integritas bagi seluruh peserta agar siap menjadi Tutor Tetap RJI yang akan diterjunkan melakukan pendampingan jurnal ke seluruh Indonesia.

Pemateri ToT ini berasal dari pengelola jurnal, professional, Dosen, yang telah berpengalaman di bidangnya mengelola jurnal dan atau terlibat langsung dalam urusan tata kelola jurnal elektronik.

Donasi per masing-masing peserta sebesar Rp.500.000,- (Lima ratus lima ribu rupiah) selama 2 hari. Biaya tersebut sudah mencakup Sertifikat Tutor Standar RJI, Baju Tutor RJI, Seminar Kit, Lunch 2 kali, Coffee Break 4 kali. Biaya di Transfer ke Rekening RJI, BRI 2099-01-006814-50-7, konfirmasi donasi dikirimkan ke email relawanojs@gmail.com.

Pendaftaran dilakukan dengan mengisi formulir DI SINI. Pendaftaran selambat-lambatnya sampai dengan tanggal 31 Mei 2017. Donasi selambat-lambatnya sampai dengan tanggal 10 Juni 2017. Adapun target peserta dalam kegiatan ini maksimal sebanyak 70 (tujuh puluh) orang.

Untuk Term of Reference (Tor) dan Formulir Kesediaan dapat di unduh DI SINI.

Admin RJI

Training of Trainer (ToT) Tata Kelola Jurnal Elektronik

Post navigation