Dalam rangka menyambut era jurnal elektronik, Relawan Jurnal Indonesia mengadakan kegiatan Training of Trainer Tata kelola Jurnal Elektronik Tahun 2017. Bertempat di Hotel Grand Tjokro Hotel Yogyakarta, kegiatan ini diselenggarakan dari tanggal 18 hingga 19 Juli 2017. Peserta yang mengikuti kegiatan Tot ini berjumlah delapan  puluh orang berasal dari berbagai perguruan tinggi dari seluruh Indonesia, Aceh hingga Maluku.

Ketua Koordinator Pusat Relawan Jurnal Indonesia, Andri P. Kesmawan mengatakan sudah saatnya RJI memiliki relawan tutor yang bisa mendampingi para pengelola jurnal di daerah supaya lebih memudahkan penyebaran ilmu pengelolaan jurnal. Pemaksimalkan pendampingan pengelolaan jurnal di daerah akan lebih baik jika dapat memanfaatkan sumber daya yang ada di daerah. “Tiga jiwa yang perlu dimiliki oleh para tutor RJI antara lain jiwa mendampingi dengan tulus, mengedepankan integritas, dan menghilangkan sifat korupsi,” tegas Andri.

Pada pelatihan kali ini para calon tutor akan dibekali dengan lima materi antara lain: Open journal System: Security, Hacking and Instalation/Migration; Setup Open Journal System: 5 Steps, Blok Plugin, Static Pages, Public Identifier Plugin; Journal Indexing, Impact Factor, Plagiarism System; National Journal Accredited dan Manajemen Penerbitan; serta Scientific/Academic Writing.

Tahun 2017, empat orang anggota RJI telah ditunjuk oleh Dikti sebagai Verifikator ARJUNA. Di masa yang akan datang, Relawan Jurnal Indonesia  memiliki misi untuk mengembangkan RJI dengan keanggotaan dan sistem yang terkoordinasi. Semoga seluruh peserta ToT Tata Kelola Jurnal Elektronik Tahun 2017 mampu mengemban amanah untuk berbagi dan giatkan publikasi.

ToT Tata Kelola Jurnal Elektronik Tahun 2017 Siapkan Calon Tutor Relawan Jurnal

Post navigation