1 Juni 2016: Lahirnya Gagasan Relawan Jurnal Indonesia.

Lahirnya Gagasan Relawan Jurnal Indonesia pertama kali. Tercetus dari salah satu pengelola Jurnal di Yogyakarta. Selanjutnya Ide ini di “godok” oleh Tim Penggagas.

26 Juni 2016: Review Jurnal

RJI diawal terbentuknya dimulai dengan membantu para pengelola jurnal dengan cara mereview jurnal elektronik dari para pengelola jurnal yang menawarkan jurnalnya untuk di review disesuaikan dengan panduan Akreditasi yang dikeluarkan oleh Dikti.

16 Juli 2016:  Launching Pendampingan Jurnal

Pendampingan jurnal ini resmi di luncurkan. Yang saat ini terus berlangsung dan menjadi agenda rutin pendampingan setiap hari Jumat pukul 13.00-16.00 di MAP UGM.

1 Agustus 2016:  Tim Penggagas

Terbentuk tim Penggagas yakni:

Andri P. Kesmawan (Universitas Gadjah Mada);
Busro (UIN Sunan Gunung Djati Bandung);
Padjrin (UIN Raden Fatah Palembang);
Eliza Nur Fitriana (Universitas Gadjah Mada);
Syarief Fajarudin (Universitas Negeri Yogyakarta);
Ahmad Harakan Djamal (Universitas Muhammadiyah Makasar) dan
Eko Pramudya Laksana (Universitas Negeri Malang).

Tugas tim ini adalah untuk menggodok ide dan gagasan Relawan Jurnal Indonesia.

11 Agustus 2016:  Terbentuk jejaring melalui media sosial

Terbentuk Jejaring melalui Sosial Media Whatshap per Daerah. Media ini yang pada akhirnya digunakan sebagai media tempat diskusi dan tempat bertanya bagi para anggota Relawan dan bagi para pengelola jurnal Indonesia.

20 Agustus 2016:  Perubahan Nama dari ROI ke RJI

Relawan Jurnal Indonesia sesungguhnya dulu ketika lahir bernama Relawan OJS Indonesia atau disingkat ROI. Kini, setelah melalui diskusi panjang dengan tim pengggagas, nama tersebut diubah dan menjadi RELAWAN JURNAL INDONESIA disingkat RJI yang sampai saat ini digunakan.

24 September 2016: Launching Website RJI

Launching Website RJI. Hasil dari Donasi para Relawan. Alhamdulillah, terkumpul donasi untuk sewa hosting dan Domain sehingga terbentuklah Official Website RJI.

JURNALINDONESIA.ORG

09 Oktober 2016: Awal Donasi RJI

Awal Donasi RJI. Ini dilakukan karena basis kegiatan Relawan adalah dana donasi dari para anggota yang sangat peduli dengan kemajuan RJI. Donasi dari penjualan kaos RJI.

09 Oktober 2016: Launching Website Latihan Jurnal

Website Latihan Jurnal. Kami bentuk untuk mengakomodir para pengelola jurnal elektronik yang ingin belajar mengelola jurnal secara elektronik. Ini juga kami tujukan untuk digunkan para relawan ketika melakukan pendampingan jurnal. Saat ini sudah 42 jurnal latihan yang tergabung dalam situs ini.

LATIHAN.JURNALINDONESIA.ORG

09 Oktober 2016: Terbentuknya Visi RJI

Visi/ Semangat kami adalah Membantu mewujudkan pengelolaan jurnal ilmiah secara elektronik yang berkualitas dan bereputasi di kancah Nasional. Oleh karena itu, bantu kami untuk menjaga VISI tersebut.

09 Oktober 2016: Capaian

RJI berinisiatif membantu Pemerintah untuk mensosialisasikan transformasi pengelolaan jurnal dari printed based menuju electronic based, bersama para Relawan Jurnal yang expert pada bidang-bidang tertentu.

RJI beranggotakan lebih dari 500 pengelola jurnal yang tersebar di berbagai perguruan tinggi dan lembaga. Dari relawan tersebut, diantaranya telah aktif melakukan pendampingan bagi para pengelola jurnal yang memerlukan bantuan. Pendampingan yang telah dilakukan melalui Media Sosial, datang langsung ke masing-masing home base jurnal serta melakukan beberapa workshop rutin mingguan. Selain itu kami juga memberikan akses penuh kepada seluruh relawan untuk belajar mengelola jurnal elektronik di situs yang telah kami sediakan di latihan.jurnalindonesia.org.
Sejak berdiri hingga saat ini (5 bulan), RJI setidaknya mulai dirasakan manfaatnya dikalangan para pengelola jurnal dari berbagai daerah. Hal berikut yang telah RJI buat dan fasilitasi untuk para pengelola jurnal Indonesia.

1. latihan.jurnalindonesia.org: Digunakan bagi para relawan untuk berlatih dan melatih para pengelola jurnal seluruh Indonesia. Sampai sekarang sudah 42 jurnal yang dibuat untuk latihan.
2. Fanpage (Facebook) Relawan Jurnal Indonesia: Digunakan untuk publikasi setiap hal yang dilakukan oleh Relawan Jurnal Indonesia dalam melakukan pendampingan, pelatihan dan belajar bersama.
3. Official Website jurnalindonesia.org: Digunakan untuk mempublikasikan tutorial, profil jurnal dan database jurnal dan Reviewer (sedang develop).
4. Social Media: Digunakan untuk diskusi dan komunikasi intens antara pengelola jurnal dengan Relawan Jurnal Indonesia.

Semua hal di atas kami bangun dari Donasi para pengelola jurnal seluruh Indonesia serta Relawan Jurnal Indonesia. Kami sangat bangga, upaya kecil kami direspon dengan baik oleh para pengelola jurnal di seluruh Indonesia. Oleh karena itu, Relawan Jurnal Indonesia berpandangan bahwa adanya niat baik dari para pengelola jurnal untuk membantu peningkatan kualitas dan kuantitas publikasi ilmiah menjadi motivasi bagi kami untuk terus melakukan lebih banyak kegiatan yang bermanfaat bagi para pengelola jurnal. http://www.jurnalindonesia.org/capaian-rji-pasca-berdiri

Tanggal 6-7 Relawan Jurnal Indonesia akan menyelenggarakan Munas yang pertama di Yogyakarta, untuk menyusun dan membenahi internal RJI serta memilih Koordinator Pusat dan Koordinator masing-masing daerah. Nantikan tonggak sejarah Relawan Jurnal Indonesia selanjutnya.

Sumber: Facebook RJI

Tonggak Sejarah RJI

Post navigation