Memilih hosting untuk website terkadang memang membingungkan terutama bagi pengguna pemula. Penawaran fasilitas yang sangat lengkap dengan harga di bawah rata-rata menjadi godaan bagi pengelola awam untuk mendapatkan keuntungan. Banyak webhosting saat ini yang menyediakan fasilitas penyimpanan ratusan Gigabyte bahkan sampai unlimited. Namun apakah anda sungguh membutuhkan penyimpanan samapai ratusan gigabyte? Yakinkah anda dengan besarnya penyimpanan tidak berpengaruh pada traffic di server anda? Selain harga dan kapasitas penyimpanan tentu ada beberapa hal yang perlu anda perhatikan saat memilih di mana anda akan menyimpan website anda.

Berikut ini adalah beberapa hal yang perlu anda perhatikan saat memilih web hosting, khususnya untuk website Open Journal System yang akan anda kelola.

Lokasi Server

Lokasi server yang akan anda sewa menjadi penting ketika anda memilih web hosting karena anda harus mempertimbangkan sasaran dari jurnal anda adalah dari wilayah mana. Umumnya ada 3 pilihan server yang akan ditawarkan yakni Indonesia, Singapore dan USA.

Jika target pembaca jurnal anda adalah wilayah indonesia, saran saya pilih server yang berlokasi di Indonesia. Jika jurnal anda di proyeksikan menjadi jurnal internasional dengan cakupan wilayah Asia maka server Singapore akan lebih baik dijadikan pilihan. Sementara server USA bersifat lebih global namun tidak akan lebih cepat dibandingkan server Indonesia jika targetnya adalah pembaca Nasional. Konsep dalam pemilihan lokasi server adalah semakin dekat dengan client maka akan semakin cepat proses pengaksesannya.

Space Hosting

Dalam hosting sebuah website yang perlu anda pertimbangkan adalah space yang cukup. Pertanyaan sederhananya adalah website E-Journal anda akan digunakan oleh berapa jurnal? Satu artikel pdf saja bisa berukuran sekitar 1,5 MB dengan 10 artikel setiap nomor saja sudah memakan space 15MB per nomor per jurnal. Jika anda mengelola 10 jurnal dalam satu hosting maka akan ada 150MB setiap terbitan. Sesuaikan saja dengan kebutuhan jurnal anda, setidaknya satu jurnal memiliki 4 Gigabyte saya rasa sudah cukup untuk beberapa waktu kedepan. Tidak disarankan untuk memilih hosting yang menawarkan unlimited space karena diragukan dalam penanganan servernya.

Bandwith

Bandwith berkaitan dengan seberapa banyak pembaca yang anda perkirakan akan mengakses website anda. Perhatikan bandwith yang ditawarkan oleh hosting, semakin besar semakin bagus. Unlimited bandwith akan lebih baik. Jangan sampai di tengah bulan website anda down hanya karena kehabisan bandwith. Bandwith diukur dari berapa MB yang akan diakses oleh pengguna setiap bulannya. Saran saya setiap jurnal setidaknya memiliki 1GB bandwith per bulannya.

Customer Service

Customer service menjadi penting ketika anda sebagai pengelola mengalami masalah. Sangat disarankan untuk memilih hosting yang menyediakan customer service 24 jam dan dengan pelayanan yang ramah.

Requirement OJS

Dalam instalasai OJS requirement yang perlu diperhatikan adalah versi PHP harus menggunakan PHP 5.x (tidak lebih tidak kurang) karena OJS tidak bisa berjalan di PHP versi di atas atau di bawah versi 5 dan harus menyediakan E-Mail Account setidaknya 2 akun, untuk admin dan untuk support. Kemampuan server dalam mengirim email adalah wajib ketika anda ingin menjalankan proses pengelolaan jurnal 100% melalui sistem OJS anda.

 Sebagai perbandingan untuk memilih hosting saat ini saya menyarankan untuk memilih web hosting  yang dikelola oleh perusahaan Indonesia saja seperti qwords.com dan rumahweb.com selain customer service yang siap sedia 24 jam, kantor dari hosting tersebut ada di beberapa kota di Indonesia sehingga mudah untuk di hubungi jika memang perlu untuk mendatangi kantor web hosting tersebut. Paket mana yang menjadi pilihan? Langsung pilih paket bisnis untuk qwords.com sedangkan di rumahweb.com pilih paket minimal profesional hosting. Kedua web hosting tersebut direkomendasikan karena memang memiliki fitur yang lengkap dan mudah dalam konfigurasinya.

Kontributor: Lalu Ganda (Member RJI)

Tips Memilih Hosting untuk Jurnal-OJS

Post navigation