Open Journal System (OJS) merupakan suatu kebutuhan premier dalam tugas tridharma seorang dosen dan menjadi perhatian penuh oleh Kemenristekdikti. Popularitas sangat menanjak OJS sebagai salah satu sistem e-journal yang dapat diakses secara gratis seiring dengan kebutuhan e-journal oleh para tenaga pengajar untuk memposting atau menerbitkan hasil publikasi ilmiahnya.

Dalam rangka peningkatan kualitas pengelolaan jurnal dan pentingnya OJS di perguruan tinggi swasta khususnya di Kalimantan maka dengan ini Kopertis Wilayah XI Kalimantan berikan Bimbingan Teknis Open Jurnal System (OJS) kepada perguruan tinggi swasta (PTS) di Wilayah Provinsi Kalimantan Selatan dan Kalimantan Tengah, di Palangka Raya, Kamis (17/07/2018).

Kegiatan yang terpusat di Ballroom Hotel Aquarius ini, ditargetkan diikuti 130 peserta, yang terdiri dari dosen peneliti, LPPM, pengelola Jurnal di PTS dari berbagai perguruan tinggi swasta yang ada di Kalsel dan Kalteng

Dalam sambutan pembukaan dan pengarahannya Koordinator Kopertis Wilayah XI, Prof Idiannor Mahyudin, menyampaikan bahwa  pada bulan Juli ini telah dilakukan maraton kegiatan sosialisasi, bimtek dan workshop untuk PTS se Kalimantan.

“Kami telah melakukan kegiatan Sosialisasi Sistem Sumber Daya Terintegrasi (SISTER), Bimtek Penyusunan Renstra dan Renop, Workshop  Penyusunan Dokumen Akreditasi dan Bimtek Open Jurnal Sistem untuk PTS se Kalimantan, ini tidak lain dan tidak bukan adalah untuk melaksanakan amanah Menristekdikti RI untuk melakukan peningkatan mutu perguruan tinggi di Kalimantan” Prof Idiannor, dalam sambutannya

“Dosen jangan hanya mengajar, mengajar dan mengajar akan tetapi harus melaksanakan Tridharma PT dengan baik dan profesional, melakukan pengajaran, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Jabatan Fungsional pun harus diurus untuk peningkatan karier dosen Jangan betah di Asisten Ahli saja. Terus tingkatkan menjadi lektor, lektor kepala dan Guru Besar. Kami Kopertis XI siap membantu Bapak Ibu” Pesan Prof. Idiannor

OJS merupakan sebuah aplikasi berbasis web yang ditujukan untuk mengatur e-journal, aplikasi OJS ini bersifat open source yang bisa memanajemen serta menangani keseluruhan proses manajemen publikasi ilmiah dari prosescallfor paper, peer review, hingga penerbitan dalam bentuk on-line.

“Saya ingatkan sekali lagi, setiap prodi di PTS wajib mempunyai Jurnal Internal. Agar bisa memfasilitasi dosen-dosen  dalam menerbitkan publikasi ilmiahnya. Kemudian bapak ibu yang mewakili PTS nya hari ini, agar memperhatikan dan fokus apa yg disampaikan oleh narasumber agar tujuan kami menyelenggarakan acara ini dapat terealisasi”

Dalam bimbingan teknis ini lebih ditekankan pada
management jurnal berbasis OJS dan Tata tulis ilmiah, acara yang akan dilaksanakan satu hari ini di narasumberi oleh tim Relawan Jurnal Indonesi (RJI) Pusat dan Koordinator RJI Daerah yaitu Andri M. Kesmawan (RJI Pusat),  Angga Taufan Bayu dan Herda Ariyani (RJI Kalsel), Desi Erawari dan Tesis Al Hidayat (RJI Kalteng) Adapun materi yang akan dipaparkan ialah Akreditasi dan Layanan RJI, Pentingnya Publikasi dan Tata tulis ilmiah, Etika Publikasi, Indeksasi Jurnal, Tata kelola jurnal dari sudut pandang editor.

“Ini adalah pertama kalinya Relawan Jurnal Indonesia (RJI) bekerja sama Koordinasi Perguruan Tinggi Swasta. Terimakasih kepada Bapak Koordinator Kopertis Wilayah XI Kalimantan yang telah memfasilitasi untuk acara ini untuk pengembangan dan peningkatan e-jurnal, khususnya di Kalimantan” Andri M. Kesmawan, RJI Pusat.

Humas Kopertis Wilayah XI Kalimantan

Tingkatkan Kemampuan OJS Untuk Dosen PTS se Kalimantan, Ini Upaya Kopertis XI

Post navigation