Musyawarah Nasional (Munas) ke 1 Relawan Jurnal Indonesia yang dilaksanakan tanggal 6-7 Desember 2016 ini dilaksanakan di Auditorium Merapi, Fakultas Geografi Universitas Gadjah Mada. Munas ini tujuannya untuk memilih Koordinator Pusat dan daerah Relawan Jurnal Indonesia (RJI), menyusun AD ART dan menentukan Program Kerja Relawan Jurnal Indonesia. Namun demikian, munas ini juga menyelenggarakan Workshop Jurnal Elektronik yang dikemas satu hari sebelum dilaksanakan munas itu sendiri.

Peserta yang mengikuti acara munas ini adalah para pengelola jurnal yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia. Data yang masuk di meja panitia peserta berasal dari:

  1. Rokan Hulu, Riau
  2. Curup, Bengkulu
  3. Bandung, Jabar
  4. Tasikmalaya, Jabar
  5. Sukabumi, Jabar
  6. Bekasi
  7. Bogor
  8. Cirebon
  9. Serang, Banten
  10. Tangerang, Banten
  11. Tangerang Selatan
  12. Semarang
  13. Purwokerto
  14. Kudus
  15. Salatiga
  16. Surakarta
  17. Boyolali
  18. Wonogiri
  19. Ponorogo
  20. Blitar
  21. Madiun
  22. Ngawi
  23. Jombang
  24. Kediri
  25. Malang
  26. Madura
  27. Mojokerto
  28. Pacitan
  29. Pamekasan
  30. Sidoarjo
  31. Surabaya
  32. Tulungagung
  33. Pontianak
  34. Samarinda
  35. Makasar
  36. Ambon
  37. Maluku Utara
  38. Halmahera
  39. dll

Antusiasme untuk mengikuti Munas Ke 1 Relawan Jurnal Indonesia dengan tagline: “Berbagi, Giatkan Publikasi” ini sangat tinggi. Ini dibuktikan dengan total peserta yang mengikuti acara ini sebanyak 251 peserta yang masing-masing tidak hanya dari pengelola jurnal saja (jurnal manajer) namun beberapa pimpinan perguruan tinggi turut serta dalam acara ini. Walaupun sebelumnya panitia hanya menyediakan ruangan dengan kapasitas 100 orang. Namun melihat keinginan besar mereka untuk mengikuti acara ini sehingga kapasitas ruangan ditambah menjadi 250 orang.

dsc_0779

Acara ini berjalan lancar dan sukses. Pemateri yang dijadwalkan untuk mengisi acara Workshop Elektronik Jurnal selama dua hari ini mampu membangkitkn gairah para pengelola jurnal untuk mengelola jurnalnya dengan baik menuju jurnal yang berkualitas, jurnal yang mempu dikelola secara elektronik bukan cetak.

Sementara itu, Munas Ke 1 Relawan Jurnal Indonesia telah menetapkan Anggaran Dasar (AD) dan Anggaran Rumah Tangga (ART) RJI yang selanjutnya memilih Koordinator Pusat Relawan Jurnal Indonesia. Adapun Koordinator Pusat Relawan Jurnal Indonesia adalah Sdr. Andri Putra Kesmawan, Sekretaris 1 Sdr. Busro dan Sekretaris 2 Sdr. Ahmad Harakan serta Bendahara Eliza Nur Fitriana.

dsc_0812

Kepengurusan Pusat, Tim Ahli dan Kepengurusan Daerah akan disusun kemudian maksimal dua bulan sejak tanggal munas dilaksanakan. Kami, Relawan Jurnal Indonesia membuka kepada siapapun pengelola jurnal indonesia untuk tergabung menjadi anggota RJI dan atau menjadi Koordinator RJI dengan cara menghubungi kami di Kontak Person.

dsc_0734

Adapun materi, dokumentasi dan video dapat diunduh pada tautan dibawah ini.

Materi Workshop dapat di unduh di sini: https://goo.gl/JfnNRF materi tambahan https://goo.gl/28SsEg

Dokumentasi dapat diunduh di sini: https://goo.gl/oYVRZQ

Video dapat dilihat di sini: https://youtu.be/yKpck4kmhoY

Kontributor: Admin RJI

RJI Sukses selenggarakan Munas pertama

Post navigation