Dengan semakin berkembangnya dunia digital, mewajibkan seluruh masyarakat global untuk selalu beradaptasi agar tetap mampu menerima informasi terkait perkembangan yang ada didunia. Jika dulu masyarakat global biasa menggunakan media cetak sebagai sumber informasi, maka saat ini posisi tersebut telah bergeser kepada media elektronik. Begitu pula yang terjadi dalam perkembangan jurnal di Indonesia. Sebelumnya, pengelola jurnal biasa menerbitkan jurnal yang mereka miliki dalam bentuk media cetak. Namun saat ini mereka dituntut untuk mengikuti perkembangan zaman, dimana jurnal harus diterbitkan dalam bentuk media elektronik. Hal ini yang kemudian menjadi tantangan bagi para pengelola jurnal agar mampu tetap mempertahankan eksistensi dan reputasi jurnal mereka.

Dengan tujuan membantu pengelola jurnal mewujudkan pengelolaan jurnal secara elektronik yang berkualitas dan bereputasi di kancah nasional. Relawan Jurnal Indonesia hadir untuk mendampingi para pengelola jurnal menjawab tantangan tersebut. Maka dibentuklah rangkaian kegiatan Lokakarya Literasi Jurnal Relawan Jurnal Indonesia tahun 2019. Setelah sebelumnya sukses dilaksanakan di kota Surabaya, Relawan Jurnal Indonesia kembali mengadakan kegiatan tersebut di kota Yogyakarta.

Dalam kegiatan Lokakarya Literasi Jurnal Relawan Jurnal Indonesia tahun 2019 di Yogyakarta, Relawan Jurnal Indonesia bekerjasama dengan Poltekkes Kemenkes Yogyakarta sebagai tuan rumah acara tersebut. Tepat pada Selasa 26 Februari 2019, di Auditorium Kebidanan Poltekkes Kemenkes Yogyakarta, kegiatan tersebut resmi dibuka oleh Kepala Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Poltekkes Kemenkes Yogyakarta, Dr. Heru Subaris Kasjono, S.KM., M.Kes. Selain itu hadir pula Sekretaris II Relawan Jurnal Indonesia, Ahmad Harakan S.IP., M.HI untuk memberikan sambutannya dalam acara tersebut. Dalam acara pembukaan kegiatan Lokakarya Literasi Jurnal Relawan Jurnal Indonesia tahun 2019 di Yogyakarta juga dilakukan penandatangan MoU (Memorandum of Understanding) antara Relawan Jurnal Indonesia dengan Poltekkes Kemenkes Yogyakarta, terkait kerjasama antara kedua belah pihak dalam pendampingan pengelolaan jurnal elektronik.

Kegiatan Lokakarya Literasi Jurnal Relawan Jurnal Indonesia tahun 2019 di Yogyakarta mendapatkan antusias dari para peserta, dengan dihadiri 70 peserta dari berbagai wilayah Indonesia kegiatan tersebut menjadi momen bagi para peserta untuk saling berbbagi informasi terkait pengelolaan jurnal elektronik. Ditambah lagi dengan hadirnya pemateri – pemateri yang mumpuni dalam bidangnya, yaitu bapak Ahmad Harakan, S.IP, M.HI yang mengisi materi Indeksasi DOAJ Directory of Open Access Journals (DOAJ) , kemudian bapak Heri Nurdiyanto S.Kom., M.TI yang mengisi materi Setting dan Aktivasi DOI (Digital Object Identifier) dan bapak Syarief Fajaruddin, S.Pd sebagai pemateri Praktek Manajemen Penerbitan menggunakan Open Journal System (OJS). (Diko)

RJI-Poltekkes Kemenkes Jogja adakan literasi Jurnal

Post navigation