Ambon, 29 Januari 2017

Dalam rangka memperkenalkan lebih dekat keberadaan Relawan Jurnal Indonesia (RJI) kepada para pimpinan perguruan tinggi baik negeri maupun swasta di Maluku, maka selama empat hari terhitung dari tanggal 23 – 26 Januari 2017, pengurus RJI secara marathon menjambangi  5 perguruan tinggi negeri/swasta dan ketua Kopertis wilayah XII Maluku dan Maluku Utara.  Dalam kunjungan tersebut Pengurus RJI Maluku dibawah pimpinan Prof. Dr.Ir.Agus Kastanya,MS sangat berterimakasih karena semua pimpinan PTN/PTS yang telah menyambut baik kehadiran RJI di Maluku. Kunjungan pertama, RJI bertemu dengan Rektor Universitas Kristen Indonesia Maluku (UKIM) Ambon,  Dr. Cornelis Adolf. Alyona , M. Th diruang kerjanya di bilangan Tanah Lapang Kecil Ambon. Dalam pertemuan perdana tersebut, RJI Maluku diwakili oleh 5 orang pengurus dan diterima langsung oleh rektor UKIM Ambon didampingi staf dosen dari Fakultas Theologia UKIM. Dalam perbincangan, RJI menyerahkan dokumen berisi informasi terkait pembentukan RJI di Maluku hingga rencana program kerja tahunan yang akan dilaksanakan oleh RJI Maluku. Alyona sangat bersyukur mendapat kunjungand ari RJI Maluku. Ia mengatakan bahwa universitas yang dipimpinnnya sangat membutuhkan motor penggerak guna menggerakan para pengelola jurnal di lingkungan Universitas Kristen Indonesia Maluku, sehingga kehadiran RJI ibarat oase di padang gurun. Alyona juga mengatakan akan mendorong setiap dosen UKIM untuk menulis dan berkarya sebesar – besarnya melalui tulisan pada jurnal – jurnal ilmiah yang tumbuh di UKIM.  Alyona berjanji akan memberikan dukungan penuh terhadap kegiatan – kegiatan RJI di Maluku. Sementara itu Wakil Rektor IV Bidang Kerjasama, Perencanaan dan Sistem Informasi Universitas Pattimura  Ambon Prof. Ir. J. W. Mosse, M.Sc. Ph.D diruang kerjanya sangat antusias menyambut kehadiran RJI Maluku. Mosse dengan wajah penuh sumringah memberikan berbagai ide dan masukan demi kemajuan RJI di Maluku. Mosse yang juga staf pengajar pada Fakultas Perikanan Unpatti Ambon bahkan mengusulkan untuk membentuk  sebuah unit kecil di tiap universitas sebagai perpanjangan tangan dari RJI sehingga akan memudahkan proses pendampingan terhadap para pengelola jurnal di tiap universitas.

Di tempat terpisah, RJI Propinsi Maluku pada hari kedua menjambangi pimpinan Politeknik Negeri Ambon (POLNAM) dan diterima oleh Asisten Direktur satu Ir. Julius Buyang,MT,  dan ketua Lembaga Penelitian yang juga pengurus RJI Propinsi Maluku, Dr. Dwi.Hariyanti,SE.MM.AK.CA dan didampingi oleh beberapa orang pengelola jurnal. Dalam perbincangan tersebut disepakati akan membuat MOU bersama antara POLNAM dan RJI Maluku dalam rangka pendampingan terhadap pengelolaan  jurnal di lingkup POLNAM Ambon. Ketua RJI Maluku, Prof.Dr.Ir. Agus Kastanya ,MS berharap agar pimpinan POLNAM dapat memberikan dukungan secara maksimal terhadap proses pengelolaan jurnal di kampus POLNAM , mengingat beberapa jurnal di lingkup POLNAM baru memulai proses awal sehingga membutuhkan perhatian khusus dari internal lembaga. Pada tempat terpisah Pengurus RJI juga bertemu dengan Ketua Sekolah Tinggi Agama Kristen Protestan Negeri Ambon (STAKPN), Dr. Agustina,CH.Kakiay. Dalam kunjungan tersebut, Kakiay memberikan apreriasi terhadap keberadaan RJI di Maluku. “ Kami sangat mendukung keberadaan RJI, karena RJI akan sangat membantu para pengelola jurnal yang akan bertranformasi dari jurnal cetak ke Online Journal system “, harap Kakiay. Ia menyebutkan dilingkungan STKPN terdapat 6 jurnal ilmiah yang dikembangkan, namun secara mandiri belum mencapai tahapan Online Journal System bahkan terdindeksasi, untuk itu dirinya meminta bantuan RJI untuk dapat menadampingi para pengelola jurnal di lingkungan STKPN Ambon.

Kunjungan lanjutan pada Universitas Darusalam Ambon diterima langsung oleh Rektor Unidar Dr.Farida Mony dan didampingi oleh wakil rektor satu serta para pengelola jurnal. Pada pertemuan tersebut, Mony sangat mengharapkan bantuan RJI mengingat saat ini UNIDAR baru saja melewati masa – masa yang sulit di tingkat internal universitas sehingga sangat mempengaruhi kinerja para pengelola jurnal. Untuk itu, Mony meminta agar pengurus RJI Maluku dapat membimbing para pengelola jurnalnya untuk menghidupkan kembali semangat jurnalisasi yang hampir padam akibat konflik internal kampus. Akhir dari perjalanan safari, pengurus RJI bersilaturahmi dengan Ketua Kopertis Wilayah XII Maluku dan Maluku utara, Dr. Zainuddin Notanubun.M.Pd di bilangan Kopertis Karpan Ahuru Ambon. Dalam pertemuan tersebut Notanubun menjelaskan bahwa pihaknya telah banyak memberikan perhatian kepada para pengelola jurnal di lingkup Kopertis dengan menyelenggarakan pelatihan secara regular bagi pengelola jurnal tiap tahunnya. “Namun memang, pendampingan perlu dilakukan secara intensif dan berkelanjutan apalagi jika pengelola jurnal akan sampai pada tahapan OJS,” tandasnya .Untuk itu kedepan dirinya berjanji akan melakukan kerjasaman dengan RJI Maluku guna pendampingan secara intensif di lapangan. Akhir dari semua kegiatan safari RJI telah disepakati akan dilaksanakan penandatangan MOU dengan pimpinan PTN/PTS dan Kopertis wilayah XII pada awal Februari 2017 dan diikuti dengan kegiata Training of Trainers (TOT) bagi pengurus RJI Maluku dan Workshop bagi pengelola jurnal, penulis jurnal dan reviewer yang akan dibuka secara langsung oleh Gubernur Maluku pada akhir Februari 2017.

RJI bertemu dengan Rektor Universitas Kristen Indonesia Maluku (UKIM) Ambon,  Dr. Cornelis Adolf. Alyona , M. Th

Kunjungan pada Universitas Darusalam Ambon diterima langsung oleh Rektor Unidar Dr.Farida Mony

RJI diterima oleh Wakil Rektor IV Bidang Kerjasama, Perencanaan dan Sistem Informasi Universitas Pattimura  Ambon Prof. Ir. J. W. Mosse, M.Sc. Ph.D diruang kerjanya

Kontributor: Fransina Latumahina

RJI MALUKU LAKUKAN SAFARI KE BEBERAPA PIMPINAN PTN/PTS DAN KOPERTIS WILAYAH XII

Post navigation