Yogyakarta 2 Juni 2018

Relawan Jurnal Indonesia (RJI) kembali memanjakan para pengelola jurnal dan akademisi di seluruh Indonesia dengan meluncurkan program Similarity Check. Program ini merupakan bagian dari kerjasama resmi antara RJI dengan Crossref. Realisasi konkritnya berupa penawaran bagi para pengelola jurnal dan akademisi seluruh Indonesia untuk dapat memiliki Crossref Similarity Check powered by Ithenticate. Syaratnya mengurus DOI melalui RJI. Dengan menggunakan Crossref Similarity Check powered by Ithenticate, para pengelola jurnal dan akademisi di Indonesia dapat melakukan pemeriksaan tingkat kesamaan artikel yang akan dipublikasikan ke jurnal atau konferensi dengan tingkat akurasi yang sangat tinggi. Para pengguna Crossref Similarity Check powered by Ithenticate juga akan mendapatkan fitur-fitur menarik, diantaranya (1) cek artikel dengan limit satu juta dokumen, (2) tampilan yang memukau, (3) mudah digunakan—untuk pengguna awam sekalipun, dan (4) tentunya merasakan mesin kelas dunia setara Turnitin yang tentunya reputasi dan hasilnya tidak perlu ditanyakan lagi.

Menurut Moch. Tanzil Multazam, pembina RJI dan ambassador Crossref untuk Indonesia bahwa secara teknis, Crossref Similarity Check powered by Ithenticate hanya dapat digunakan untuk pengecekan similarity (kesamaan) pada artikel ilmiah (journal/conferences paper). Bagaimana dengan dokumen lainnya? misalnya Skripsi, Tesis, atau Disertasi? jawabannya adalah untuk tujuan tersebut, sesuai ketentuan penggunaan Crossref Similarity Check powered by Ithenticate hal tersebut tidak diperkenankan. Mengapa demikian? karena Crossref Similarity Check powered by Ithenticate memang khusus didesain dan diperuntukkan bagi artikel ilmiah.

Selain itu, Relawan Jurnal Indonesia juga kembali meluncurkan layanan untuk membantu dan memudahkan pengelola jurnal di Indonesia.  Yakni LAYANAN CEK PLAGIASI ARTIKEL. Pengelola jurnal hanya kirim dokumen ke RJI untuk dicek tingkat kesamaannya. Cukup isi formulir yang RJI sediakan, hasilnya langsung keluar hari itu juga. Dengan adanya layanan ini, pengelola jurnal diharapkan tidak risau untuk cek kesamaan artikel. Ditegaskan pula oleh Andri mengenai besaran donasinya, jika pengelola jurnal akan cek plagiasi hanya 1-2 artikel saat ini masih free. Donasi dibebankan bagi pengelola jurnal yang cek plagiat lebih dari 2 artikel. Donasinya sekitar Rp. 20.000 (dua puluh ribu) per dokumen yang di cek. Sementara itu, artikel yang dapat diajukan adalah artikel yang akan terbit di jurnal tersebut dan atau artikel yang sudah terbit.

Andri Selaku Ketua Koordinator Pusat menjelaskan bahwa” Terpenting pengelola jurnal terbantu untuk cek kesamaan/ plagiasi ini. Apalagi sesuai permenristekdikti 9 tahun 2018 tentang akreditasi jurnal ilmiah, syarat akreditasi jurnal di sana menjelaskan ….Artikel ilmiah mengandung temuan dan/atau pemikiran yang orisinil serta tidak plagiat. Artinya ini perlu ada cek plagiat” 

 Adapun syarat dan ketentuannya sebegai berikut:

Perseorangan

  • Merupakan User RJI, jika pengelola jurnal pastikan jurnalnya sudah didaftarkan di http://archive.relawanjurnal.id. Jika bukan pengelola jurnal, pastikan Anda menyampaikan informasi ini kepada kolega.
  • Dokumen yang akan dicek kesamaan merupakan artikel yang akan atau sudah dikirimkan ke Jurnal dan/atau prosiding;
  • Maksimal satu dokumen 50 halaman (maksimal 275 kata perhalaman)
  • Mengisi testimoni untuk (1) penggunaan Crossref Similarity Check powered by Ithenticate dan (2) service RJI untuk publikasi Indonesia di formulir berikut

Pengelola Jurnal

  • Merupakan Member dan atau User RJI;
  • Mencantumkan Logo Supported by RJI di jurnal yang dikelolanya;
  • Dokumen yang akan dicek kesamaan merupakan artikel yang akan atau dikirimkan ke Jurnal atau diterbitkan di Jurnal yang dikelolanya.

Biaya

  • Annual Fee = FREE
  • Biaya Pengecekan Artikel sebesar Rp. 20.000,- (Dua puluh Ribu Rupiah);
  • Teknis Pembayaran: Pengguna akan menerima Invoice dari RJI.

Pranala

  • Pengiriman dokumen, surat permohonan dan bukti pembayaran dapat dilakukan melalui pranala berikut CEK PLAGIASI DI SINI;
  • Setelah meneriha hasil cek kesamaan, mohon kiranya untuk isi testimoni pada pranala berikut https://s.id/testimonirji;
  • Logo Supporter by RJI dapat di unduh di sini https://goo.gl/iX1GBz;
  • Ketentuan member dan User RJI dapat dilihat di sini(http://www.jurnalindonesia.org/about/keanggotaan/.

Bantuan Teknis

  • E-mail                    : contact@relawanjurnal.id
  • WA                         : +62 813-4888-1023
  • Kontak Person        : Muhamad Ratodi

RJI selalu berjalan dengan semangat, penghayatan, dan cita-cita luhur yang sama para pengelola jurnal dan akademisi di Indonesia yang menginginkan  publikasi Indonesia semakin bergerak ke arah yang lebih baik lagi. Tentunya, ketersediaan sarana/alat penunjang untuk mendukung proses tersebut sangat vital keberadaannya. RJI berusaha mereduksi “stigma” mahal untuk alat penunjang publikasi ilmiah. Untuk itu, Crossref Similarity Check powered by Ithenticate hadir dan ditawarkan dengan biaya yang terjangkau bagi penggunanya (T&C).

Admin RJI

RJI Launching Layanan Cek Plagiasi

Post navigation