Jambi, 14 April 2018. Roadshow Relawan Jurnal Indonesia di Jambi melalui Workshop Setting Open Journal System (OJS) dan Bedah Jurnal menuju DOAJ berlangsung sukses. Kesuksesan acara nampak dari jumlah peserta yang awalnya hanya diprediksi 30 orang, tetapi pada hari pelaksanaan menjadi 43 orang. Peserta berasal dari lima kabupaten/kota di Provinsi Jambi, yaitu: Kota Jambi, Kabupaten Batanghari, Kabupaten Sarolangun, Kabupaten Kerinci dan Kabupaten Tanjung Jabung Barat. Mereka berasal dari 11 kampus dan satu institusi pemerintah, yaitu: UNJA, UIN, UNBARI, IAIN Kerinci, STIKOM, STIKES HI, STISIP NH, STAI MAARIF, STAI Muara Bulian, STIT Sarolangun, STAI An-Nadwah dan Kantor Bahasa Provinsi Jambi. Tempat acara pun berubah dari Pascasarjana UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi ke Aula Gedung MUI Provinsi Jambi.

RJI Roadshow di Jambi dilaksanakan mulai Jumat, 13 April pagi hingga 14 April 2018. Acara dimulai dengan pembukaan oleh Ketua RJI Korda Jambi dan dilanjutkan penyampaian materi dan praktek Set Up Open Journal System (OJS) yang dipandu oleh Tutor RJI Nasional, Busro. Setelah istirahat solat Jumat, peserta tetap komitmen hadir hingga 4.30 sore. Hari pertama, peserta yang merupakan editor jurnal, juga mendapat ilmu baru dari Pak Busro tentang bagaimana melakukan call paper secara efektif memanfaatkan google cendikia dan bantuan satu situs pengekstrak alamat surat elektronik.

Pada hari kedua, penyampaian materi yang menarik dari narasumber, yaitu Tedjo Sukmono dan Jamaluddin yang merupakan Tutor dan Pegiat RJI Korda Jambi, membuat peserta tetap ramai hingga akhir materi. Acara ditutup dengan pernyataan Ketua RJI Korda Jambi yang mengutip kalimat narasumber Pak Busro bahwa workshop dalam Roadshow RJI kali ini hanya merupakan provokasi dan charging semangat mengelola jurnal bagi para pengelola jurnal. Masalah-masalah dan dinamika yang ditemukan oleh masing-masing pengelola dapat menjadi tindak lanjut diskusi di grup RJI Jambi dan rencana workshop berikutnya pada masa yang akan datang.

Kontributor: RJI Korda Jambi

RJI Korda Jambi Sukses Provokasi Pengelola Jurnal

Post navigation