Relawan Jurnal Indonesia (RJI) Kordinator Jawa Barat telah melaksanakan acara worshop jurnal, khas Ramadhan “Buka Bersama RJI Korda Jabar”. Acara dihadiri oleh 24 pengelola jurnal dari berbagai perguruan tinggi di Jawa Barat bahkan peserta dari luar pulau Jawa (Provinsi Aceh). Acara ini merupakan progam tematik RJI Korda Jabar di bulan Ramadhan. Moto kami adalah membantu mewujudkan pengelolaan dan penulisan jurnal elektronik yang berkualitas dan bereputasi kancah Nasional bahkan Internasional.

Worskhop jurnal dan buka bersama RJI Korda Jabar mengangkat tema “Menuju Jurnal Standar Akreditasi”. Acara dilaksanakan pada pukul 09.00-17.30 WIB, yang diawali pemaparan umum program RJI Korda Jabar oleh Dr. Rudiana, S.Th.I., M.Pd dan dilanjutkan sesi workshop yang terbagi kedalam tiga termin, yaitu; termin 1 (Bedah Evaluasi Diri Aspek Manajemen OJS 2 & 3) difasilitasi oleh Dr. Uwes Fatoni, M.Ag, termin 2 (Bedah Evaluasi Diri Aspek Subtansi) difasilitasi oleh Dr. Iwan Hermawan, M.Pd serta termin 3 (Best Practice Pengelola Jurnal Sinta 2) difasilitasi oleh Busro, M.Ag.

Acara dilanjutkan dengan sesi tanya jawab, sebagai materi pendalaman berdasarkan respons peserta atas keseluruhan materi yang telah dipaparkan fasilitator. Workhsop satu hari ini bertujuan agar peserta mendapatkan pemahaman awal, ihwal persiapan standar akreditasi. Acara tersebut mendapatkan apresiasi dan respon positif dari para peserta, hal ini terbukti dari komentar positif di grup WA peserta.

Adapun program tindak lanjut acara ini adalah program pendampingan persiapan standar akreditasi. Melalui program ini diharapkan para pengelola jurnal sedari awal mempersiapkan akreditasi dan indeksasi sebagai indikator penting mutu tata kelola jurnal elektronik. Info lebih lanjut Uwes Fatoni (0813 2155 3313), Rudiana (0813 2100 7636) dan Iwan Hermawan (0811 204 704).

 

RJI Korda Jabar Bedah Jurnal

Post navigation