RJI Kembali Fokus Bantu Pengelola Jurnal

(Jogja) RJI Kembali Fokus Bantu Pengelola Jurnal. Kali ini RJI menginisiasi  dan meluncurkan database Reviewer yang dapat dimanfaatkan para pengelola jurnal dalam mencari Reviewer Potensial serta mendapatkan reviewer yang satu bidang sesuai dengan jurnalnya. Sementara ini database reviewer masih menggunakan situs forum, kedepan akan ada sistem terntegrasi yang menghubungkan ini keseluruh layanan RJI.

Selain itu, database ini juga digunakan untuk memetakan reviewer jurnal di Indonesia berbasiskan kepakaran dan bidang ilmu. Database reviewer ini tidak hanya untuk RJI saja namun lebih bersifat terbuka untuk semua orang yang memiliki kriteria yang tercantum di bawah ini.
Kriteria Reviewer:
1. Harus telah menerbitkan sebagai penulis pertama atau penulis koresponden di jurnal ilmiah (peer-review) pada tingkat yang sepadan dengan jenjang karir, dan harus diterbitkan dalam kurun waktu empat tahun terakhir.
2. Harus berprofesi secara penuh waktu sebagai dosen atau peneliti di lembaga pendidikan atau lembaga penelitian terakreditasi atau terpercaya.
3. Minimal bergelar Magister atau setara.
4. Pernah atau sedang mengelola jurnal adalah nilai tambah.

Kriteria tersebut merupakan kriteria minimal yang RJI pandang perlu dimiliki oleh seorang Reviewer Jurnal. Namun, tidak menutup kemungkinan ada perubahan-perubahan sesuai dengan masukan dari luar. Berikut databasenya. 

RJI berharap ini akan membantu para pengelola jurnal di seluruh Indonesia. Kedepan, RJI akan meluncurkan layanan-layanan yang langsung bersinggungan dan berkaitan dengan pengelola jurnal.

By. Andri

Comments are closed.