PONTIANAK – Dalam rangka meningkatkan kualitas publikasi dan pengelolaan jurnal ilmiah, Relawan Jurnal Indonesia (RJI) Koordinator Daerah Kalimantan Barat bekerjasama dengan Akademi kebidanan (Akbid) Aisyiyah Pontianak menggelar kegiatan Pelatihan dan Pendampingan Pengelolaan jurnal Ilmiah Berbasis Open Journal System (OJS) bertempat di Gedung Akbid Aisyiyah Pontianak, Sabtu (21/4).

Kegiatan yang diselenggarakan selama 1 (satu) hari ini diikuti sebanyak 89 peserta yang merupakan pengelola jurnal ilmiah dari berbagai perguruan tinggi baik PTN maupun PTS, lembaga/instansi Pemerintah maupun Swasta Se-Kalbar bahkan ada yang berasal dari luar kalbar seperti Sekolah Tinggi Teknologi Migas Kalimantan Timur dan Politeknik Statistika (STIS) Jakarta.

Kegiatan yang digelar melibatkan para Tutor RJI dan Pengurus RJI Korda Kalbar yang mengisi materi pelatihan dan coaching clinic tentang installasi dan setting OJS, Manajemen Penerbitan, Academic Writing, Akreditasi Jurnal Nasional dan Indeksasi. Pada kesempatan tersebut juga hadir Associated Directory Of Open Acces Journal (DOAJ), Umar Khasan yang memberikan materi tentang optimalisasi jurnal menuju indeksasi ke DOAJ.

Ketua Pengurus RJI Korda Kalbar, Zainuddin Hudi Prasojo, mengatakan kegiatan yang digelar merupakan wujud nyata RJI menggiatkan dan meningkatkan kualitas publikasi atau pernerbitan jurnal ilmiah menggunakan platform OJS dimana dalam prosesnya semua dilakukan secara daring (online). “Saya berharap melalui kegiatan sharing knowledge ini, para pengelola jurnal dapat meningkatkan pengetahuannya dalam mengelola jurnal secara online menggunakan platform OJS sehingga kualitas pengelola jurnal ilmiah kedepan bisa lebih baik dan semakin memberikan kontribusi bagi perkembangan ilmu pengetahuan” ungkapnya.

Dalam kegiatan yang digelar dilakukan pemberian materi, pendampingan dan coaching clinic dilakukan oleh Tutor RJI Kalbar, Fenni Supriadi dan Setia purwadi yang membantu peserta pengelola jurnal dalam melakukan installasi dan setting OJS serta manajemen penerbitan. Dalam sesi ini peserta dibagi menjadi 2 (dua) kelas yaitu kelas dasar (Basic) dan kelas lanjutan (Advance). Kelas dasar (Basic) diikuti oleh peserta yang masih baru dalam pengoperasian OJS atau bahkan peserta yang dalam pengelolaan jurnal di institusinya masih menerapkan penerbitan jurnal secara cetak (offline). Sementara, kelas lanjutan (Advance) diperuntukkan bagi peserta pengelola jurnal yang sudah dapat mengoperasikan atau menggunakan platform OJS dalam penerbitan jurnalnya secara daring (online).

Sedangkan materi Academic Writing, Scopus dan Akreditasi Jurnal Nasional diisi oleh Zainuddin Hudi Prasojo selaku Ketua RJI Kalbar, Imron Muttaqin, Yusniardi, Ihsanuddin dan Ferry Faisal yang juga merupakan Tim Tutor RJI Kalbar. Pada sesi ini, peserta diajak berdiskusi dan sharing pendapat mengenai masalah-masalah yang ditemui dalam pengoperasian jurnal. Pada akhir pertemuan, RJI Kalbar menawarkan pendampingan pengelolaan jurnal di kampus masing-masing secara intensif sehingga bisa menjadi Jurnal Nasional Terakreditasi maupun Jurnal internasional bereputasi terindeks Scopus.(Fenni)

RJI Kalbar Gandeng AKBID AISYIYAH Pontianak Gelar Pelatihan Pendampingan Pengelolaan Jurnal

Post navigation