Pamekasan – Relawan Jurnal Indonesia menggelar kegiatan Roadshow RJI di Madura Jawa Timur dengan kegiatan Workshop Academic Writing dan Pengelolaan Jurnal Elektronik di Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Madura pada Rabu, 11 Juli 2018.
Publikasi ilmiah sudah menjadi kebutuhan penting bagi dosen, peneliti, dan civitas akademika perguruan tinggi. Salah satu cara pengembangan publikasi ilmiah adalah dengan meningkatkan SDM penulis (author) maupun pengelola jurnal.
Menjawab tantangan tersebut, Relawan Jurnal Indonesia (RJI) mengadakan event Roadshow RJI Jawa Timur dan NTB yang diselenggarakan di beberapa kota di Jawa Timur seperti Banyuwangi, Pamekasan, Kediri, Malang, Surabaya, Madiun, dan Mataram. IAIN Madura adalah salah satu host campus penyelenggara acara.
Relawan Jurnal Indonesia Wilayah Jawa Timur bekerjasama dengan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Madura mengadakan kerjasama Workshop Academic Writing dan Pengelolaan Jurnal Elektronik yang diikuti oleh penulis, peneliti, dan pengelola jurnal dari beberapa Perguruan Tinggi di Madura dan sekitarnya pada hari Rabu 11 Juli 2018.
Bertempat di Aula Gedung I IAIN Madura, kegiatan ini sukses dilaksanakan dengan diikuti oleh 40 orang yang terdiri dari penulis, peneliti dan pengelola jurnal dari 12 Perguruan Tinggi di Madura dan sekitarnya. Diantaranya adalah Universitas Madura, Universitas Islam Madura, IAI Al-Khairat Pamekasan, Universitas Wiraraja, STKIP PGRI Sumenep, STAI NATA Sampang, IDIA Prenduan, STIDKIS Al-Mardliyah Pamekasan, STID Raudlatul Iman Sumenep, STEI Walisongo Sampang. Bahkan ada juga peserta dari perguruan tinggi di luar Madura, yakni Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya, Universitas Muhammadiyah Gresik.
Acara ini merupakan kegiatan perdana yang dilaksanakan di Madura. Terasa spesial karena beberapa hari sebelum kegiatan dilaksanakan, IAIN Madura yang sebelumnya bernama STAIN Pamekasan baru saja diresmikan oleh menteri agama Republik Indonesia. Acara dibuka oleh Wakil Rektor II Dr. H. Moh. Zahid, M.Ag dan dihadiri oleh narasumber yang profesional yaitu Swasti Maharani mewakili pengurus RJI Pusat.
Ketua Panitia pelaksana, Jamiludin Usman menuturkan bahwa pelatihan kali ini adalah rangkaian dari kegiatan Roadshow RJI Jawa Timur di tahun 2018 dan menjadi kegiatan pertama di Madura. “Awalnya, kegiatan ini dikhususkan hanya untuk pengelola jurnal saja, namun melihat kondisi dan situasi Madura dan juga antusiasme peserta kemudian kami juga mengundang para author untuk mengikuti kegiatan ini.” ujarnya.
Selaku narasumber, Swasti mengatakan bahwa RJI hadir untuk berbagi, menggiatkan, dan membantu para penulis maupun pengelola jurnal mengatasi kendala-kendala dalam publikasi ilmiah, baik dari penulis maupun pengelola jurnal. “menulis artikel ataupun mengelola jurnal itu kuncinya adalah jangan memilih cara yang rumit, kalo ada jalan datar ngapain juga kita melewati jalan bergelombang ?” ujar kandidat doktor UM Malang ini. Dia mencontohkan bahwa, “dalam hal sitasi, kita sudah terbantu dengan adanya aplikasi manajemen referensi seperti mendeley, zotero, endnote, dan yang lainnya, dimana aplikasi tersebut sudah memiliki format baku pada bentuk, lalu untuk apa kita membuat format sitasi sendiri?” pungkasnya ketika menjawab pertanyaan dari salah satu peserta (jml).

RJI Jatim Sukses Menggelar Kegiatan Perdana di Madura

Post navigation