Sarasehan Pengelola Jurnal Se-Eks Karesidenan Madiun, yang dalam hal ini bertempat di Aula Dome Lantai 1 Universitas Muhammadiyah Ponorogo pada tanggal 23 Januari 2017, merupakan salah satu upaya dalam penyamaan persepsi bagi para pengelola jurnal elektronik tentang pengelolaan jurnal secara baik dan benar sesuai standar yang telah ditetapkan oleh pemerintah. Selain itu, komitmen membangun bersama dari para pengelola jurnal untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas publikasi ilmiah pada seluruh perguruan tinggi se-eks Karesidenan Madiun, yang dalam hal ini bekerjasama dengan Relawan Jurnal Indonesia.

Menurut Sigit Dwi Laksana, Pemateri Sarasehan. Kunci keberhasilan dari pengelolaan jurnal ditentukan oleh sejauh mana aktivitas edukasi kepada pengelola dan juga penulis jurnal itu dilakukan. Jika pemahaman pengelolaan jurnal berjalan baik, maka  semua program dapat berjalan lebih baik. Selain itu, perlunya edukasi terhadap penulis sebagai upaya dalam memperkenalkan sistem Open Journal System kepada para penulis, agar dapat secara maksimal dapat menjalankan sistem di OJS.

Mochmmad Tanzil Multazam, selaku Koordinator Relawan Jurnal Indonesia Wilayah Jawa Timur dan Pemateri Sarasehan mengungkapkan bahwa standar gaya selingkung yang ditetapkan pada pengelola, perlu diperhatikan agar penulis dapat mengikuti dengan baik, kemudian perlunya melengkapi konten pada kolom OJS agar dapat segera didaftarkan di DOAJ. Bagi jurnal yang baru terbit, bisa memulai melengkapi kelengkapan yang diperlukan untuk diajukan dalam rangka mendapatkan skema Hibah Bantuan Pengelolaan Jurnal Ilmiah Elektronik.

Kontributor: Rochmat Aldy Purnomo, Universitas Muhammadiyah Ponorogo

RJI Jatim Gelar Sarasehan di UMPO Ponorogo

Post navigation


Skip to toolbar