Membuat jurnal sampai pada tahap akreditasi dan terindeks di beberapa mesin pengindeks ternama memerlukan persiapan yang cukup panjang. Ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan baik yang bersifat administratif maupun yang bersifat artifisial. Hal inilah yang disampaikan oleh Relawan Jurnal Indonesia (RJI) dalam acara rapat Bimbingan Teknis Manajemen E-Journal Komunika BPSDMP Kominfo Surabaya.

Acara yang diadakan pada tanggal 20 Februari ini dibuka langsung oleh kepala BPSDMP Kominfo Surabaya. Ada beberapa pokok pembahasan yang dibahas dalam rapat tersebut, antara lain Prosedur pengelolaan jurnal elektronik, Aktor dan tupoksi dalam pengelolaan jurnal elektronik, Bedah jurnal untuk persiapan pendaftaran indeks DOAJ, Sinta, dan akreditasi serta Creative Commons, Manajemen referensi dan DOI.

Hasil dari pertemuan ini, disepakati bahwa akan dilakukan follow up dengan para tutor RJI Jatim yang diwakili oleh Muhammad Ratodi, ST., M.Kes dan Siti Mutrofin untuk mendampingi Jurnal Komunika sampai berhasil terindeks DOAJ, Sinta, dan akreditasi.

RJI dampingi Journal Komunika BPSDMP Kominfo Surabaya

Post navigation