Mengawali tahun 2018, Relawan Jurnal Indonesia (RJI) Koordinator Daerah  Bengkulu, menggelar Workshop Tatakelola Jurnal Elektronik. Kegiatan ini mendapat sambutan yang sangat positif oleh para pengelola jurnal. Hal ini terlihat dari tingginya antusiasme calon peserta yang mendaftar, sehingga kegiatan yang awalnya direncanakan hanya satu batch, akhirnya ditambah menjadi dua. Para peserta, tidak hanya berasal dari Provinsi Bengkulu, tapi juga dari beberapa daerah di provinsi tetangga.

Para Pimpinan Perguruan Tinggi pun menyambut baik keberadaan RJI, sehingga secara resmi beberapa di antara mereka meminta untuk didampingi jurnal-jurnalnya oleh RJI yang dituangkan dalam bentuk Memorandum of Understanding (MoU) dan Memorandum of Agreement (MoA).

Batch pertama dilaksanakan pada tanggal 23 Januari 2018, bekerjasama dengan Universitas Dehasen (UNIVED) Bengkulu. Kegiatan ini diikuti oleh 40 orang peserta, bertempat di Gedung Teleconference Universitas Dehasen Bengkulu. Dalam kesempatan ini, ditandatangani Memorandum of Understanding (MoU) dan Memorandum of Agreement (MoA) antara Relawan Jurnal Indonesia oleh Ketua Koordinator Pusat RJI, Andri P. Kesmawan, dengan Pimpinan tiga perguruan tinggi, yakni: 1) Universitas Dehasen Bengkulu, 2) STIKES Tri Mandiri Sakti Bengkulu, dan 3) STIPER Rejang Lebong.

Batch kedua, dilaksanakan pada tanggal 24 Januari 2018, bekerjasama dengan Universitas Prof. Dr. Hazairin, SH (UNIHAZ) Bengkulu. Jumlah peserta yang ikut dalam tahap dua ini juga sebanyak 40 orang. Kegiatan ini bertempat di Aula lt. 4 UNIHAZ Bengkulu.  Dalam kesempatan ini, juga ditandatangani Memorandum of Understanding (MoU) dan Memorandum of Agreement (MoA) antara Relawan Jurnal Indonesia oleh Ketua Koordinator Pusat RJI, Andri P. Kesmawan, dengan Pimpinan dua perguruan tinggi, yakni: 1) Universitas Prof. Dr. Hazairin, SH (UNIHAZ) Bengkulu, dan 2) Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Curup.

Di samping dengan kedua perguruan tinggi di atas, dalam pelaksanaan kegiatan ini, RJI Bengkulu juga bekerjasama dengan Forum Dosen Indonesia (FDI) DPD Bengkulu. Bertindak sebagai narasumber dalam workshop ini adalah Andri P. Kesmawan (Ketua Korpus RJI), Hardivizon (Ketua Korda RJI Bengkulu), dan Danner Sagala (FDI DPD Bengkulu).

Kegiatan semacam ini diharapkan dapat terus dilaksanakan, agar semakin banyak jurnal-jurnal di Bengkulu yang dikelola dengan baik, sehingga dapat memiliki reputasi yang baik pula nantinya.

RJI Bengkulu Awali 2018 dengan Menggelar Workshop Tatakelola Jurnal Elektronik

Post navigation