RJI adakan Kegiatan Bedah Jurnal

Dalam proses pengajuan akreditasi, ada berbagai macam komponen penilaian yang harus diperhatikan dengan baik oleh pengelola jurnal. Mulai dari kesiapan website pada saat penilaian hingga konsistensi penggunaan bahasa dalam suatu jurnal. Hal ini disampaikan oleh Koordinator Pusat Relawan Jurnal Indonesia (RJI), Andri Putra Kesmawan dalam acara bedah jurnal yang diadakan di Fakultas Pertanian Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

Peserta yang ikut dalam acara ini adalah para pengelola jurnal yang akan mengajukan akrditasi dan atau sedang dalam proses mengajukan dan tinggal menunggu hasil. Sementara itu para pembedah merupakan tutor-tutor RJI yang sudah berpenalaman dalam mengajukan akreditasi jurnal melalui sistem Arjuna.

Acara berlangsung dari pukul sembilan pagi hingga siang, dengan teknis acara masing-masing peserta mempresentasikan jurnalnya dihadapan para pembedah. Kemudian setelah itu pembeda akan memberikan revisi dan beberapa masukan untuk jurnal tersebut. Output dari kegiatan ini adalah untuk membantu para pengelola jurnal dalam mempersiapkan pengajuan akreditasi Nasional sesuai dengan komponen-komponen penilaian yang telah ditetapkan.

Kedepannya kegiatan-kegiatan bedah jurnal seperti ini akan semakin digiatkan agar jurnal-jurnal yang ada lebih siap dalam menghadapi proses akreditasi. Sehingga jumlah jurnal terakreditasi nasional juga dapat meningkat.

Leave a Reply

You must be logged in to post a comment.