6 Desember 2017, hari ini tepat satu tahun dilaksanakannya Musyawarah Nasional pertama Relawan Jurnal Indonesia (RJI). Munas tersebut diadakan di Yogyakarta selama dua hari dan diikuti oleh 270 peserta dari seluruh Indonesia. Ketika untuk pertama kalinya kalinya para pengelola jurnal dari Sabang sampai Merauke berkumpul untuk turut serta bertukar pikiran dan ikut andil dalam lahirnya Relawan Jurnal Indonesia (RJI). Tentu sebelumnya tidak akan ada yang pernah membayangkan akan lahir suatu perkumpulan/organisasi seperti RJI. Organisasi yang hadir untuk menjadi wadah bagi pengelola Jurnal di seluruh Indonesia untuk saling berbagi dalam hal pengelolaan jurnal dan sebagainya.

Selama setahun berjalannya RJI, tentu ada banyak keluh, nasehat dan keringat yang tercurah. Berbagai macam hal telah dilakukan sepanjang tahun 2017 ini, mulai dari penyelenggaraan berbagai macam kegiatan workshop tata kelola jurnal, Training of Trainer RJI dan berbagai macam event lainnya.

RJI kini semakin berkembang hingga mampu menjadi seperti sekarang. Pencapaian yang diraih RJI pasca Munas yang diselenggarakan setahun lalu tentu tak lepas dari andil para pengelola jurnal maupun stakeholder terkait yang senantiasa mendukung dan mensupport segala kegiatan yang dilaksanakan oleh RJI. Harapan kita bersama adalah semoga RJI terus dapat memberi manfaat bagi para pengelola jurnal di seluruh Indonesia tanpa membeda-bedakan. Seperti motto RJI, Berbagi, Giatkan Publikasi.

 

Refleksi 1 tahun Munas RJI, Tumbuh dan Berkembang Dalam Semangat Giatkan Publikasi

Post navigation