#Edisi Ulangtahun RJI 1 Juni 2016-1 Juni 2017

Oleh: Taufiqur Riza

Kegiatan terakhir RJI pada tahun 2016 adalah Munas yang telah dilaksanakan di Yogyakarta. Pada Munas yang berlangsung selama dua hari tersebut diperoleh susunan kepengurusan RJI. Kegiatan RJI dilanjutkan pada tahun 2017 dimana kegiatan pertama di tahun ini dilaksanakan pada rentang waktu Januari-Februari 2017 yaitu penunjukan Ketua Koordinator Daerah RJI permasing-masing daerah sekaligus memberi amanat untuk melaksanakan pertemuan pertama. Hal ini dimaksudkan untuk membentuk kepengurusan RJI di daerah tersebut. Adapun daerah yang telah melaksankaan kopdar yakni: Jawa Barat, Jawa Timur, Jawa Tengah, Kalimantan Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Tangah, Kalimantan Selatan, Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Sumatera Selatan, Jambi, Riau, Bengkulu, Nusa Tenggara Barat, Gorontalo, Maluku Utara, Ambon, Bali, Sulawesi Selatan dan Papua Barat serta daerah lainnya yang belum disebutkan.

Karena kebutuhan akhirnya perkumpulan RJI telah didaftarkan di Notaris dan menuju perkumpulan yang berbadan hukum. RJI resmi terdaftar di Notaris pada tanggal 11 Februari 2017. Dokumen Akta Notaris nomor 01, Notaris Sri Budi Purwaningsih, S.H.,M.Kn Notaris Kabupaten Sidoarjo.

Kegiatan selanjutnya RJI ada pada tanggal 11 Maret 2017 yaitu Penegasan misi dan pengkategorian pendampingan jurnal. Dimana pendampingan jurnal sendiri memiliki 3 tujuan yaitu :

  1. Jurnal yang belum online dilakukan pendampingan agar bisa segera bertransformasi menjadi jurnal yang dikelola secara online atau sudah memiliki portal e-jurnal.
  2. Relawan Jurnal Indonesia (RJI) mulai melakukan pendampingan kepada para pengelola jurnal untuk mengaplikasikan proses pengelolaan jurnal secara elektronik menggunakan platform Open Journal System (OJS)
  3. Relawan Jurnal Indonesia (RJI) melakukan pendampingan kepada jurnal-jurnal di Indonesia yang akan mengajukan akreditasi, sehingga para pengelola jurnal siap untuk mengajukan jurnalnya untuk proses akreditasi jurnal.

Perkumpulan RJI telah resmi terdaftar di KEMENKUMHAM (Kementrian Hukum dan HAM RI) pada tanggan 2 April 2017 dengan nomor AHU-0005712.AH.01.07.TAHUN 2017. Tentang Pengesahan Pendirian Badan Hukum Perkumpulan Relawan Jurnal Indonesia.

Agenda selanjutnya dari RJI adalah Rakernas 1 (Rapat Kerja Nasional Pertama) yang dilaksanakan di Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (UMSIDA) pada tanggal 14-15 April. Rakernas ini diawali dengan workshop tata kelola jurnal yang terbagi dalam 3 kelas yakni kelas beginner, advance dan expert. Pada hari kedua Rakernas membahas persoalan-persoalan terkait dengan keberlangsungan RJI kedepan. Topik penting yang dibahas yakni terkait dengan memperbaiki system internal perkumpulan RJI salahsatunya yakni develop system terintegrasi. Ini dimaksudkan agar memudahkan orang untuk berinteraksi dengan RJI.

Karena perkembangan RJI yang bisa dibilang sangat pesat muncullah berbagai gagasan-gagasan untuk kemajuan RJI. Salah satu gagasan yang muncul adalah gagasan mengenai kolaborasi antara RJI-HSBC-PSF. Gagasan tersebut muncul pada tanggal 15 April 2017 yang diikuti beberapa gagasan yang muncul kembali pada tanggal 23 April 2017. Gagasan kedua yang muncul tidak jauh beda dengan gagasan yang pertama yaitu gagasan mengenai kolaborasi yang akan dilakukan antara RJI dan Research Synergy Foundation.

RJI berinisiatif membantu Pemerintah untuk mensosialisasikan transformasi pengelolaan jurnal dari printed based menuju electronic based, bersama para Relawan Jurnal yang expert pada bidang-bidang tertentu. RJI memiliki user lebih dari 500 pengelola jurnal yang tersebar di berbagai perguruan tinggi dan lembaga di Indonesia. Dari user tersebut, diantaranya telah aktif menjadi Tutor RJI untuk melakukan pendampingan bagi para pengelola jurnal yang memerlukan bantuan. Pendampingan yang selama ini dilakukan melalui beberapa cara yakni media sosial dan datang langsung ke masing-masing home base jurnal serta melakukan beberapa workshop rutin mingguan. Selain itu RJI juga memberikan akses penuh kepada seluruh user untuk belajar mengelola jurnal elektronik di situs yang telah sediakan di latihan.jurnalindonesia.org. Selama berdiri hingga sekarang RJI telah memiliki banyak fasilitas yang bisa dimanfaatkan untuk mengelola jurnal Indonesia. Adapun fasilitas yang telah dibuat RJI antara lain sebagai berikut :

  1. jurnalindonesia.org
  2. jurnalindonesia.org
  3. Official website jurnalindonesia.org
  4. jurnalindonesia.org
  5. jurnalindonesia.org
  6. Fanpage (Facebook) Relawan Jurnal Indonesia
  7. Social Media (twitter dan IG)

Semua hal di atas dibangun dari Donasi para pengelola jurnal seluruh Indonesia serta Relawan Jurnal Indonesia yang berjalan hingga saat ini.

Perkembangan RJI sampai Tahun 2017

Post navigation