Pelatihan Jurnal Elektronik di IAIN Banten

Bertempat di ruang senat Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) IAIN banten, pada tanggal 20 Oktober kemarin dilaksanakan pelatihan jurnal online. Kegiatan ini diharapkan mampu memulai upaya pengelolaan jurnal berbasis online. Selama ini di IAIN banten sudah terdapat banyak jurnal berbasis cetak, sehingga dengan pelatihan aplikasi OJS ini bisa menjadi dasar untuk mengelola Jurnal secara daring atau online. Dekan FEBI, Dr. Nihayatul Maskuroh dalam sambutanya menyatakan bertekad untuk menjadi pionir dalam pengelolaan jurnal Online hingga mampu terakreditasi.

Pelatihan ini di damping oleh Muhamad Mustaqim, pengelola jurnal ADDIN STAIN Kudus. Dalam pendampingan ini, sengaja dipilih satu jurnal, yakni Jurnal “ISLAMICONOMIC” sebagai prototype aplikasi jurnal Online.  Kegiatan yang dilakukan mulai jam 9.00 sampai jam 15.00 ini diikuti oleh para pengelola jurnal dan dosen tetap di lingkungan FEBI IAIN Banten.

Para peserta Nampak antusias dalam kegiatan. Apalagi saat pembuatan akun google scholar, mereka tampak bersemangat dalam merangkai berbagai tulisan dan artikel yang tersebar di google scholar. Selama ini mereka tidak menyadari kalau tulisannya sudah tersebar secara online. Bahkan salah satu peserta kelihatan kaget dan senang ketika mengetahui bahwa jumlah sitasi di google scholar mencapai puluhan sitasi.

Pada sesi akhir, dilaksanakan simulasi lalu lintas OJS dari author, reviewer, section editor, sampai editor. Karena keterbatasan waktu dan sedikit gangguan server, upload artikel back issue dengan pola quick submit akhirnya urung dilaksanakan. Namun setidaknya para pengelola jurnal ini sudah mengetahui langkah-langkah untuk menerbitkan volume lama yang sudah siap file pdf nya.

Kontributor: Muhammad Mustaqim

Comments are closed.