Bertempat di Hotel NEO Malioboro (4/11), sebanyak 52 peserta mengikuti kegiatan Literasi Jurnal yang diadakan oleh Relawan Jurnal Indonesia. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada para peserta mengenai bagaimana tahap pengajuan akreditasi jurnal, penggunanan reference manager, cara indeksasi jurnal ke database pengindeks internasional, penulisan ilmiah hingga manajemen publikasi.

Sesi pertama diisi dengan materi akreditasi yang dibawakan oleh Muhammad Fadli Muslimin selaku Tutor RJI Korda Sulawesi Selatan. Dalam pemaparannya, Fadli menekankan mengenai persiapan apa saja yang perlu diperhatikan oleh pengelola jurnal sebelum mengajukan akreditasi ke sistem ARJUNA. Di sesi yang kedua Heri Nurdyanto, ketua RJI Korda Lampung membahas materi mengenai penggunaan reference manager (Mandeley) sebagai cara untuk mempermudah pengelola jurnal dalam mengelola artikel yang dikirim oleh penulis. Khususnya dalam penggunaan style kutipan dan sebagainya.

Setelah istirahat Coffee Break, kegiatan Literasi Jurnal langsung dilanjutkan pada pembahasan mengenai bagaimana cara menindeks jurnal di database ejournal internasional (ProQuest). Materi di sesi yang ketiga ini dibawakan langsung oleh Dwi Janto Suandaru, Marketing Manager Database Ejournals, Ebooks PT. Jasaraya Tama Jaya Buana.

Sesi selanjutnya kemudian diisi dengan materi cara mengindeks-kan jurnal ke DOAJ. Update terbaru saat ini menunjukan Indonesia menduduki peringkat ke-2 sebagai negara dengan jumlah jurnal terbanyak yang terindeks di DOAJ. Brazil masih menduduki peringkat pertama di atas Indonesia. “Jika di Sepakbola kita kalah telak oleh Brazil, maka di jurnal kita kesempatan untuk mengalahkan Brazil” ujar Syarief Fajaruddin, Tutor RJI Korda Yogyakarta dalam penyampaian materinya.

Selain pembahasan mengenai tata kelola jurnal, kegiatan ini juga dilengkapi dengan materi mengenai penulisan artikel ilmiah yang dibawakan oleh Jaka Sriyana, Dosen Universitas Islam Indonesia. Materi ini penting bagi peserta untuk memahami bagaimana standar dalam penulisan artikel ilmiah.

Kegiatan yang berlangsung dari pagi hingga sore ini pun ditutup dengan pembahasan mengenai manajemen publikasi yang dibawakan oleh Muchammad Fuad Saifuddin selaku Tutor RJI Korda Yogyakarta . Sesi terkahir diisi dengan praktikum melalui pemanfaatan fasilitas simulasi yang disediakan dalam website RJI.

Membahas Akreditasi hingga Manajemen Publikasi dalam Acara Literasi Jurnal

Post navigation


Skip to toolbar