BALIKPAPAN – Kopertis Wilayah XI Kalimantan kembali mengadakan kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) tata kelola jurnal elektronik Open Jurnal system (OJS). Kegiatan yang dihadiri oleh 56 Perguruan Tinggi Swasta (PTS) dan lebih dari 100 peserta.

“Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan jumlah jurnal yang ada di perguruan tinggi serta memotivasi para dosen dalam menulis karya ilmiahnya, kamis (12/7/2018),” kata Surya Apriadi.

Acara ini gagas di Hotel Menara Bahtera Balikpapan dan secara resmi dibuka oleh H. Surya Apriadi,SH Kasi. Akademik dan Kemahasiswaan Kopertis Wilayah XI Kalimantan. Kegiatan Bimtek yang diikuti oleh PTS Provinsi Kalimantan Timur dan Kalimantan Utara.

“Kegiatan serupa akan dilaksanakan di Pontianak masing-masing tanggal 9 Juli serta di Palangkara akan dilaksanakan 19 juli 2018,” kata Surya Apriadi.

Dalam pelaksanaan workshop yang dilaksanakan selama 1 hari penuh tersebut, Kopertis menggandeng pemateri dari Relawan Jurnal Indonesia (RJI) Kalimantan Timur dan Kalimantan Selatan. Hadir sebagai pemateri pertama, Dedi Rahman Nur (Dosen Universitas Widya Gama Mahakam Samarinda) mengupas masalah Etika Publikasi yang dilanjutkan pemateri kedua Arbain (Dosen Universitas Widya Gama Mahakam Samarinda) memaparkan materi terkait Tata Tulis Ilmiah dan Manajemen Referensi.

Surya menyebutkan, selanjutnya sesi terakhir di isi oleh RJI Kalimantan Selatan yaitu Dienny Redha Rahmani (Dosen Universitas Muhammadiyah Banjarmasin) dan Galih Persadha (Dosen Universitas Politeknik Unggulan Kalimantan) menyampaikan materi Tata Kelola Jurnal, indeksasi serta simulasi penggunaannya.

Surya Apriadi berharap dengan adanya kegiatan Bimbingan Teknik OJS oleh Kopertis wilayah XI Kalimantan ini, para pengelola Jurnal dapat meningkatkan publikasi dosen.

“Terima kasih pada Kopertis Wilayah XI Kalimantan telah mempercayai Relawan Jurnal Indonesia (RJI) Kalimantan Timur mendapingi para pengelola Jurnal,” Ujar Arbain Korda Relawan Jurnal Indonesia (RJI) Kalimantan Timur, diamini oleh Dedi Rahman Nur dan Redha Rahmani.(Fajar Fahrudin)

Sumber: http://www.infokaltim.com/id/berita/kopertis-wilayah-xi-kalimantan-apresiasi-pengelola-jurnal-dan-publikasi-dosen

Kopertis Wilayah XI Kalimantan Apresiasi Pengelola Jurnal dan Publikasi Dosen

Post navigation