Dosen memiliki kewajiban untuk melakukan publikasi ilmiah. Publikasi ini perlu dilakukan sebagai syarat dalam perjalanan karir seorang dosen. Berkaitan dengan adanya peraturan kementrian dan mendesaknya kebutuhan untuk mempublikasikan hasil penelitian, maka wajib rasanya jika hasil penelitian seorang dosen diterbitkan dalam jurnal ilmiah yang terakreditasi.

Salah satu fungsi adanya jurnal adalah sebagai bahan referensi atau rujukan dalam melakukan sebuah penelitian. Dosen yang menerbitkan hasil karya ilmiahnya berarti telah melakukan proses pendataan, penilaian dan penyebarluasan hasil karya yang telah ia buat. Hal ini menjadikan keberadaan jurnal yang berkualitas menjadi sangat penting dan mendesak.

Oleh karena pentingnya jurnal, maka pada hari Selasa, 24 Juli 2018, RJI (Relawan Jurnal Indonesia) bekerja sama dengan JPI (Jurnal Psikologi Integratif) mengadakan Pelatihan Tata Kelola Jurnal Ilmiah dan Manajemen Referensi. Acara yang diadakan di FISHUM (Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora) UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta ini bertujuan untuk meningkatkan pengelolaan jurnal bagi dosen, pengelola jurnal, serta peserta secara umum.

Acara yang diikuti oleh dosen, pengelola jurnal, dan mahasiswa dari berbagai instansi ini dimulai dan dibuka oleh Dekan FISHUM UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Dr. Mochammad Sodik, S.Sos. Dalam sambutannya, beliau menyampaikan bahwa karya ilmiah menjadi keharusan dalam dunia pendidikan karena ia memiliki fungsi diseminasi yakni menyebarluaskan ilmu, termasuk di dalamnya adalah penulisan jurnal. Akademisi sebaiknya juga turut aktif menulis jurnal sendiri, tidak hanya sekedar menjadi pembaca.

Materi pertama disampaikan oleh Bapak Syarief Fajaruddin. Peserta pelatihan diberikan informasi mendalam mengenai Mendeley. Selain itu, peserta juga diajak untuk mempraktikkan dan mengoperasikan Mendeley, mulai dari membuat akun, mencari dan menyimpan referensi untuk jurnal yang akan dibuat, hingga cara penulisan kutipan dan daftar pustaka dengan memanfaatkan Mendeley.

Acara dilanjutkan dengan materi Manajemen Submit-Publish di OJS. Materi kedua ini disampaikan oleh Bapak Heri Nurdiyanto. Sebagai pengantar, beliau menyampaikan tentang bagaimana pengelolaan jurnal, termasuk di dalamnya mengenai tugas masing-masing pengelola jurnal berdasarkan posisi yang didudukinya hingga manajemen pengelolaan jurnal. Selanjutnya, Bapak Heri mengajak peserta untuk mempraktikkan submit-publish di OJS, sehingga jurnal dapat diakses oleh banyak pihak secara online.

Heriyanto, pengelola jurnal Psikologi Integratif UIN Sunan Kalijaga, merasakan manfaat dari adanya pelatihan ini. Ia mengatakan bahwa dari acara ini, ia dapat semakin memahami bagaimana cara pengelolaan jurnal yang baik sehingga dapat membawa kemajuan bagi jurnal yang ia kelola.

Jurnal Psikologi Integratif Gandeng RJI Adakan Kegiatan Pelatihan Tata Kelola Jurnal Ilmiah

Post navigation