Publikasi di Indonesia saat ini telah menjadi kebutuhan primer yang tidak bisa dihindari khususnya bagi para Dosen dan peneliti di Indonesia. Hal ini bukan tanpa alasan karena Pemerintah sudah mewajibkan dalam beberapa aturan bahwa Publikasi baik Nasional maupun Internasional adalah kewajiban yang harus dilaksanakan. Namun pengetahuan tentang publikasi hingga saat ini masih menjadi kendala khususnya bagi mereka Dosen yang masih “kurang familiar” dengan hal-hal yang sifatnya daring (online). Sebagaimana diketahui sejak Pemerintah mengeluarkan kebijakan mengenai transformasi pengelolaan jurnal pada bulan April Tahun 2016 dari cetak bertransformasi ke online, mau tidak mau harus disesuaikan juga dengan pengetahuan bagi para penulis yang ingin melakukan publikasi secara elektronik.

Salah satu tools misalnya dalam melakukan pengelolaan referensi saat ini Mendeley mungkin menjadi barang baru bagi mereka yang belum familiar dengan hal-hal semacam itu, diantara tools lain seperti Zotero,EndNote dll. Olehnya Relawan Jurnal Indonesia Gorontalo bersama Ideas Publishing Gorontalo berinisiatif untuk melakukan kegiatan pelatihan bagaimana mengenalkan tools Mendeley dan cara pengaplikasiannya dalam artikel-artikel yang akan dipublish. Tidak dipungkiri bahwa hampir sebagian besar Jurnal menggunakan aplikasi mendeley dalam mensitasi pengelolan artikel-artikel yang ada. Begitupun bagi para penulis untuk memudahkan dalam mengutip referensi hendaknya tidak melakukan lagi secara manual melainkan dapat menggunakan tools mendeley.

Adapun pemateri yang menjadi narasumber dalam kegiatan ini ialah Tutor Relawan Jurnal Indonesia (RJI) dan anggota RJI Gorontalo. Kegiatan ini dilaksanakan selama 1 Hari penuh dengan total peserta yang mengikuti kegiatan sebanyak 20 orang. Ke depannya kegiatan aplikatif semacam ini akan terus dilaksanakan dan RJI akan selalu siap untuk mendampingi para Dosen dan para pengelola jurnal di Wilayah Gorontalo dalam melakuikan kegiatan terkait publikasi.

IDEAS Publishing Gorontalo bekerja sama dengan RJI Gorontalo adakan Pelatihan Mendeley bagi Para Dosen

Post navigation