Relawan Jurnal Indonesia (RJI) Korda Sumatera Barat terus meningkatkan komitmen dalam berbagi untuk menggiatkan publikasi di Sumatera Barat. Agenda awal tahun 2018 diselenggarakan di bawah tajuk RJI Roadshow Sumatera. Kegiatan ini merupakan bagian dari RJI Roadshow Sumatera yang mencakup Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Bengkulu, Sumatera Selatan dan Lampung. Pelaksanaan kegiatan Roadshow RJI di Sumatera Barat merupakan agenda pembuka dari rangkaian RJI roadshow Sumatera yang dilaksanakan selama bulan April 2018.

Kegiatan RJI Roadshow Sumatera Barat yang berlangsung selama 2—3 April 2018 ini dilaksanakan di ruangan VIP gedung serbaguna UIN Imam Bonjol Padang. Ketua pelaksana kegiatan, Aulia Rahmat melaporkan peserta kegiatan berjumlah 40 orang dan berasal dari berbagai perguruan tinggi negeri dan swasta di Sumatera Barat dan Riau. “Peserta dari Sumatera Berasal dari kota Padang, Kota Payakumbuh, Kota. Bukittinggi, Kab. Pasaman Barat dan Kab. Solok. Peserta dari Riau berasal dari Universitas Riau, Pekanbaru” ungkap Sekretaris RJI Korda Sumatera Barat yang juga Dosen UIN Imam Bonjol ini.

Digawangi oleh Tutor RJI, kegiatan pelatihan menyajikan materi tentang Setup OJS, Manajemen Penerbitan, Akreditasi dan Indeksasi. “Susunan materi ini dirancang berdasarkan pertimbangan latar belakang peserta yang beragam” tutur Firdaus, ketua Korda RJI Sumbar. “Ada peserta kita yang masih pemula dan ada yang sudah tingkat menengah. Untuk pemula, materi yang kita sediakan adalah Setup dan Manajemen penerbitan, sementara untuk tingkat menengah, materinya adalah indeksasi dan akreditasi” terang Firdaus yang juga dosen Pendidikan Sosiologi STKIP PGRI Sumatera Barat dan pengelola Jurnal Ilmu Sosial Mamangan.

Dalam pelaksanaan kegiatan, peserta dibagi menjadi dua kelas untuk materi Setup dan Manajemen Penerbitan. Pembagian kelas didasarkan versi OJS yang digunakan oleh peserta dalam mengelola jurnalnya, yaitu OJS 2 dan OJS 3. Untuk kelas OjS 2, kedua materi langsung dipandu oleh ketua Korda RJI Sumbar yang merupakan tutor RJI. Sementara kelas OJS 3, materi setup dipandu oleh Dwi Fajar Saputra, tim ahli RJI Pusat dan ketua Korda RJI DKI Jakarta. Sementara materi manajemen penerbitan dipandu oleh Pramawahyudi dari LPTIK Unand yang merupakan Tutor RJI. Materi indeksasi dan akreditasi, peserta digabung menjadi 1 kelas. Indeksasi disampaikan oleh Dwi Fajar Saputra dan materi akreditasi disampaikan oleh Benny Alexander Maisa, keduanya adalah tutor RJI.

Dalam pelaksanaan kegiatan, peserta sagat antusias mengikuti materi yang disajikan oleh para Tutor. Sebagian besar peserta enggan beranjak dari tempat duduk saat istirahat siang, dan beberapa orang masih mengajukan pertanyaan lanjutan. Dewi Ariani, peserta dari UMMY Solok mengaku pelaksanaan kegiatan tidak terasa membosankan karena langsung praktek. “Karena langsung praktek, jadi terasa tidak seperti seminar yang dominan ceramah” pungkasnya. Sementara Arif Ridha, peserta dari STIT Ahlusunnah Bukittinggi mengungkpakan bahwa sebagai pengelola jurnal, materi dasar seperti setup dan manajemen penrbitan dibutuhkan.

Kegiatan diakhiri pada sore hari kedua rangkaian pelaksanaan kegiatan. Acara ditutup oleh Ketua Korda RJI Sumbar dengan memaparkan profil umum RJI dan beberapa layanan yang diberikan oleh RJI kepada peserta. Beberapa layanan RJI yang bisa dimanfaatkan oleh peserta antara lain adalah customisasi OJS, pengurusan DOI yang lebih murah dan bonus plagiarism check dan pendampingan oleh RJI bagi kampus yang ingin melaksanakan MoU dan MoA dengan RJI. “RJI sangat terbuka bagi kampus yang ingin melaksanakan MoU dan MoA dengan RJI” tegasnya.

Terakhir, Firdaus menyampaikan kepada peserta agar komunikasi dan diskusi tidak berhanti bersamaan dengan ditutupnya kegiatan, namun terus berlanjut dengan memanfaatkan teknologi media sosial. “WAG RJI Roadshow Sumbar dapat terus digunakan untuk sharing dan diskusi. Siapa saja boleh bertanya dan setiap orang boleh menjawab, sehingga semua anggota WAG dapat pengetahuan” pungkasnya.

Gelaran Perdana RJI Roadshow Sumatera di Sumatera Barat

Post navigation