Cara Menolak Artikel di Open Journal Systems

Happy Chandraleka

hchandraleka@gmail.com

http://thecakrabirawa.wordpress.com

Dalam proses elektronik di Open Journal Systems (OJS), ada kalanya pengelola jurnal perlu menolak suatu artikel. Artikel yang masuk ke OJS bisa ditolak pada beberapa tempat dan karena beberapa alasan. Berikut ini dijelaskan cara menolak artikel pada aplikasi Open Journal Systems.

Cara 1. Menolak Artikel Saat Pra-review

Artikel di OJS dapat ditolak sebelum masuk proses review, dalam kondisi ini, artikel masih dalam proses skrining oleh pengelola jurnal. Bisa jadi karena artikel yang masuk tidak cocok dengan ruang lingkup (focus and scope) jurnal atau karena alasan yang lain. Untuk menolak artikel yang masih dalam tahap ini, inilah langkah-langkahnya:

  1. Login sebagai Editor di aplikasi Open Journal Systems yang Anda kelola.
  2. Klik pada artikel yang akan Anda tolak. Artikel yang akan ditolak masih berada pada bagian Unassigned.
  3. Akan tampil halaman Summary dari artikel yang akan ditolak.
  4. Pada bagian Section, Anda sebagai pengelola bisa memilih menjadi Article. Kemudian klik tombol Record. Tahap ini bisa juga Anda lewati.
  5. Pada bagian Editors, Anda bisa juga memilih Section Editor atau mengklik tautan Add Self. Tahap ini bisa juga Anda lewati.

  1. Klik tombol Reject and Archive Submission.
  2. Akan tampil halaman Send Email. Lakukan pengiriman email.
  3. Akibatnya artikel tersebut sekarang masuk ke Archive di OJS.

Cara 2. Menolak Artikel Saat Pasca-review

Artikel di OJS yang telah lolos proses skrining masih dapat ditolak setelah proses review. Hal ini diakibatkan karena substansi artikel yang tidak layak untuk diterbitkan di jurnal yang Anda kelola. Untuk menolak artikel pada tahap ini, lakukan langkah-langkah di bawah ini.

  1. Login sebagai Editor di aplikasi Open Journal Systems yang Anda kelola.
  2. Klik pada artikel yang akan Anda tolak. Artikel yang akan ditolak pada tahap ini telah berada di bagian In Review.
  3. Pada bagian Peer Review, tentunya sudah terisi nama-nama reviewer yang melakukan telaah atas artikel tersebut. Tetapi di sini kami tidak mengisikannya.
  4. Seorang pengelola jurnal dapat menolak artikel yang telah masuk ke proses review dengan cara memilih Decline Submission pada bagian Select decision di Editor Decision.
  5. Kemudian klik tombol Record Decision.

  1. Akan tampil kotak dialog seperti gambar di bawah ini. Klik tombol OK.

  1. Klik ikon email pada bagian Notify Author.

  1. Akan tampil halaman Send Email. Klik tombol Send untuk mengirim email ke penulis.

  1. Setelah email terkirim, artikel tersebut akan masuk ke Archive di OJS.

Demikian penjelasan cara menolak artikel di dua tempat dan keadaan di Open Journal Systems. Semoga bermanfaat, semoga Allah Yang Bersemayam Di Atas Arsy memudahkan urusan kita. Amin.

Biografi Penulis

Happy Chandraleka. Seorang penulis TI independen. Menyelesaikan S1 di Teknik Elektro Universitas Diponegoro. Saat ini mengelola Open Journal Systems Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. Informasi tentang penulis dapat dilihat di http://thecakrabirawa.wordpress.com/chandra-cv dan dapat dihubungi via email hchandraleka@gmail.com.

Cara Menolak Artikel di Open Journal Systems

Post navigation