Relawan Jurnal Indonesia (RJI) mulanya lahir tanggal 1 Juni 2016 tercetus dari salah satu pengelola Jurnal di Yogyakarta. Selanjutnya ide ini di “godok” oleh para pengelola jurnal dari berbagai daerah yang pada akhirnya lahir “Tim Penggagas” yakni Andri P. Kesmawan (Universitas Gadjah Mada); Busro (UIN Sunan Gunung Djati Bandung); Padjrin (UIN Raden Fatah Palembang); Eliza Nur Fitriana (Universitas Gadjah Mada); Syarief Fajarudin (Universitas Negeri Yogyakarta); Ahmad Harakan Djamal (Universitas Muhammadiyah Makasar) dan Eko Pramudya Laksana (Universitas Negeri Malang).

RJI merupakan kumpulan para pengelola jurnal di Indonesia dari berbagai perguruan tinggi dan lembaga. RJI melakukan aktifitasnya dengan cara memlakukan pendampingan secara gratis bagi para pengelola jurnal di seluruh Indonesia yang memiliki visi dan misi yang sama dengan RJI.

Kami sepakat bersama-sama dengan sukarela memberikan sumbangsih pemikiran, tenaga dan materi terkait pengelolaan jurnal elektronik kepada pengelola jurnal lain di perguruan tinggi, badan penelitian dan lainnya di seluruh Indonesia tanpa membeda-bedakan dan tanpa mengkotak-kotakkan. Visi/ Semangat kami adalah Membantu mewujudkan pengelolaan jurnal ilmiah secara elektronik yang berkualitas dan bereputasi di kancah Nasional

Kami RJI juga berinisiatif membantu Pemerintah untuk mensosialisasikan transformasi pengelolaan jurnal dari printed based menuju electronic based, bersama para Relawan Jurnal yang expert pada bidang-bidang berikut:

  1. Teknologi Informasi (instalasi OJS),
  2. Tata kelola Jurnal Elektronik, dan
  3. Akreditasi Jurnal Elektronik.

Berdasarkan data terakhir, RJI beranggotakan lebih dari 500 pengelola jurnal yang tersebar di berbagai perguruan tinggi dan lembaga. Dari relawan tersebut, diantaranya telah aktif melakukan pendampingan bagi para pengelola jurnal yang memerlukan bantuan. Pendampingan yang telah dilakukan melalui Media Sosial, datang langsung ke masing-masing home base jurnal serta melakukan beberapa workshop rutin mingguan. Selain itu kami juga memberikan akses penuh kepada seluruh relawan untuk belajar mengelola jurnal elektronik di situs yang telah kami sediakan di latihan.jurnalindonesia.org.

Sejak berdiri hingga saat ini (5 bulan), RJI setidaknya mulai dirasakan manfaatnya dikalangan para pengelola jurnal dari berbagai daerah. Hal berikut yang telah RJI buat dan fasilitasi untuk para pengelola jurnal Indonesia.

  1. latihan.jurnalindonesia.org: Digunakan bagi para relawan untuk berlatih dan melatih para pengelola jurnal seluruh Indonesia. Sampai sekarang sudah 34 jurnal yang dibuat untuk latihan.
  2. Fanpage (Facebook) Relawan Jurnal Indonesia: Digunakan untuk publikasi setiap hal yang dilakukan oleh Relawan Jurnal Indonesia dalam melakukan pendampingan, pelatihan dan belajar bersama.
  3. Official Website jurnalindonesia.org: Digunakan untuk mempublikasikan tutorial, profil jurnal dan database jurnal dan Reviewer (sedang develop).
  4. Social Media: Digunakan untuk diskusi dan komunikasi intens antara pengelola jurnal dengan Relawan Jurnal Indonesia.

Semua hal di atas kami bangun dari Donasi para pengelola jurnal seluruh Indonesia serta Relawan Jurnal Indonesia. Kami sangat bangga, upaya kecil kami direspon dengan baik oleh para pengelola jurnal di seluruh Indonesia.

Oleh karena itu, Relawan Jurnal Indonesia berpandangan bahwa adanya niat baik dari para pengelola jurnal untuk membantu peningkatan kualitas dan kuantitas publikasi ilmiah menjadi motivasi bagi kami untuk terus melakukan lebih banyak kegiatan yang bermanfaat bagi para pengelola jurnal.

Capaian RJI Pasca Berdiri

Post navigation