Asosiasi Filsafat dan Teologi Indonesia (AFTI), yaitu Asosiasi yang mewadahi lembaga-lembaga Filsafat dan Teologi Katolik se-Indonesia bekerjasama dengan Relawan Jurnal Indonesia, mengadakan Workshop Open Jumal Syslez (OJS) untuk pengelola Jumal anggota AI’TI di Fakultas Teologi Universitas Sanata Dharma, Jalan Kaliurang Km 7, Kentungan, Yogyakarta.

“Harapannya semua anggota asosiasi sudah memiliki keterampilan dalam mengelola jurnal yang berbasis online” ujar Dr. E. P. D. Martasudjita, Ketua Asosiasi Filsafat dan Teologi Indonesia (AFTI)

Kegiatan yang diselenggarkan selama dua hari yaitu 27-28 April 2018 diikuti sebanyak 10 kampus yang ada di Indonesia yang merupakan pengelola jurnal ilmiah. Diantaranya ada Sekolah Tinggi Filsafat Seminari Pineleng, Fakultas Filsafat Universitas Katolik Widya Mandala, Sekolah Tinggi Filsafat Driyarkara, Sekolah Tinggi Filsafat Teologi Widya Sasana, Malang, Fakultas Filsafat Universitas Katolik Widya Mandira, Fakultas Teologi Universitas Sanata Dharma , Sekolah Tinggi Filsafat dan Teologi St. Yohanes, Sekolah Tinggi Filsafat dan Teologi Fajar Timur, Sekolah Tinggi Filsafat Katolik Ledalero, Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Santu Paulus.

Pada hari pertama dalam kegiatan yang digelar yaitu pengenalan OJS dan fitur-fiturnya yang disampaikan oleh Tutor RJI yaitu Heri Nurdiyanto, dilanjutkan dengan praktek yang dibantu oleh Budi Setiawan dan Erwin Rasyid, mengenai mengisi data utama, proses submission dan reviewing. Kemudian pada hari kedua dilanjutkan dengan praktek mengunggah terbitan dan layout setting.

Adapun output dari kegiatan ini yaitu mengetahui manajemen penerbitan dengan menggunakan fulll OJS dan tampilannya berubah. Pada akhir pertemuan, RJI menawarkan pendampingan pengelolaan jurnal di kampus masing-masing secara intensif sehingga bisa menjadi Jurnal Nasional Terakreditasi maupun Jurnal internasional bereputasi terindeks Scopus

 

AFTI dan RJI adakan Kegiatan Workshop Tata Kelola Jurnal Ilmiah Berbasis Elektronik

Post navigation