Relawan Jurnal Indonesia (RJI) hadir atas inisiatif pengelola jurnal di Yogyakarta dan di daerah-daerah lainnya seperti, Bandung, Makasar, Sumatera Selatan, dan Jawa Timur serta daerah-daerah lainnya. RJI adalah gerakan kerelawanan yang dengan sukarela memberikan sumbangsih pemikiran dan tenaga terkait pengelolaan jurnal elektronik kepada pengelola jurnal lain di perguruan tinggi, badan penelitian dan lainnya di seluruh Indonesia tanpa membeda-bedakan dan tanpa mengkotak-kotakkan.

Mengapa kami membentuk Relawan Jurnal Indonesia (RJI)? Alasan penting terkait hal ini adalah saat pemerintah telah menerapkan kebijakan mulai April 2016 dan seterusnya akreditasi jurnal dilakukan secara online melalui sistem ARJUNA, sementara itu menurut pengamatan kami masih banyak pengelola jurnal yang belum familiar terhadap pengelolaan jurnal elektronik. Padahal kebijakan ini perlu respon dan semangat dari perguruan tinggi dan pengelola jurnal untuk segera bertransformasi pengelolaan jurnalnya dari yang dikelola secara manual/ cetak menuju pengelolaan jurnal secara elektronik.

Visi/ Semangat Relawan Jurnal Indonesia (RJI) adalah Membantu pengelola jurnal mewujudkan pengelolaan jurnal secara elektronik yang berkualitas dan bereputasi di kancah Nasional.

 

 

Kegiatan

Apa yang akan dilakukan oleh Relawan Jurnal Indonesia (RJI)? Pendampingan Jurnal. Mendampingi pengelola jurnal di seluruh Indonesia. Ada 3 (tiga) hal pendampingan yang dilakukan oleh Relawan Jurnal :

Pertama, jurnal yang belum online dilakukan pendampingan agar bisa segera bertransformasi menjadi jurnal yang dikelola secara online atau sudah memiliki portal e-jurnal. Mulai dari proses instalasi, migrasi, hingga upgrade Open Journal System (OJS).  Relawan Jurnal Indonesia (RJI) menyiapkan sumberdaya manusia yang dibutuhkan jurnal tersebut agar bisa online.

Kedua, Relawan Jurnal Indonesia (RJI) mulai melakukan pendampingan kepada para pengelola jurnal untuk mengaplikasikan proses pengelolaan jurnal secara elektronik menggunakan platform Open Journal System (OJS). Mulai dari bagaimana online submission, online review, online editorial work, online publish dan indeksasi jurnal.

Ketiga, Relawan Jurnal Indonesia (RJI) melakukan pendampingan kepada jurnal-jurnal di Indonesia yang akan mengajukan akreditasi, sehingga para pengelola jurnal siap untuk mengajukan jurnalnya untuk proses akreditasi Jurnal. Persiapan akrditasi ini mulai dari bagaimana mendaftarkan jurnalnya di ARJUNA, mengisi formulir, dan mempersiapkan syarat-syarat akreditasi jurnal elektronik.

Ketiga hal di atas akan terlaksana dengan baik jika koordinasi antar stakeholders terjaga dengan baik. Pemerintah men-support kebijakan mengikat kepada Perguruan tinggi. Perguruan tinggi men-support kebijakan serta alokasi anggaran bagi pengelola jurnal serta Relawan Jurnal Indonesia (RJI) men-support sumberdaya manusia untuk melakukan ketiga hal di atas.

Bagaimana kepengurusan Relawan Jurnal Indonesia (RJI)? Struktur Organisasi Relawan Jurnal Indonesia terdiri dari :

Kepengurusan Pusat

Koordinator Pusat

Sekretaris 1

Sekretaris 2

Bendahara

Tim Ahli dan Divisi

Bidang Teknologi Informasi

Tatakelola Jurnal Elektronik

Akreditasi Jurnal

 

Kepengurusan Daerah

Koordinator Daerah

Sekretaris 1

Sekretaris 2

Bendahara

Tim Ahli dan Divisi (Bidang Teknologi Informasi, Tatakelola Jurnal Elektronik dan Akreditasi Jurnal)

Anggota (terdiri dari perwakilan Kabupaten/ Kota yang telah diseleksi/ melalui proses tes)

Penulis: Admin RJI

Skip to toolbar